Sunday, March 20, 2016

survey sekolah

Yak, post teribu-ibu banget. Nyari sekolah dulu kitaa.. 

Padahal kalo dipikir-pikir sih nyari TK doang apa susahnya sih. Nyari aja yang deket rumah, rebes. TK doang ini kan, main-main doang. Tapi justru lhoo, kok aku malah susah ya nyari TK yang main-main doang? TK yang masuknya senin-kamis doang jam 8-10 gitu, gak ada tuh nyari kemana-mana. Malah nemunya yang masuk sampe sabtu. Serius amat sihh TK jaman sekaranggg.. Apa akunya aja yang ga apdet sama perkembangan per-TK-an indonesia?

Sampe sekarang kita udah survey ke sekitar 10an TK, dan belum ada yang sreg 100%. Kata keyong sih suruh buka TK sendiri di rumah :D

Sebenernya TK impianku ga banyak-banyak sih pengennya..

Deket dan aksesnya gampang. Ini jelas ya. Apalagi rencananya bakal nganterin sendiri pake motor bawa 2 anak. Ada sih TK agak ideal tapi nyebrang jalan raya gede, tak berani akuu lahh..

Jam masuknya ga kepagian. Jam 8 lah masi oke. Kalo jam 7 asa pagi banget sih. Raka sih biasanya jam 6/setengah 6 udah bangun, tapi kan pengennya sebelum sekolah anaknya bisa main-main sepedaan dulu. Dan pulangnya ga lebih dari jam 11. Ada another TK agak ideal, tapi dia ada ekskul dan les baca tulis bisa 2-3x seminggu pulang jam 12. Kayaknya capek banget ya buat anak TK.

Oia, masi ada ga sih TK yang ga menekankan pelajaran baca tulis apalagi ngitung dan apalagi kalo masih TK A? Mau lah kalo ada.

Perbandingan guru dan murid ga banyak-banyak. 1 banding 10 lah oke. Soalnya Raka tipe kalo kurang diperhatiin jadi kurang perform (?) dan males-malesan. Ini salah satu pertimbangan utama sih sebenernya buat aku. Jadi gurunya juga lebih "kenal" murid2nya karena ga kebanyakan megang.

Toilet bersih! Ini sebenernya awalnya ga jadi pertimbangan utama. Terus kan kita survey ke salah satu TKIT bergengsi (ceileh) yang ternyata deket banget rumah. Begitu liat bangunannya.. Bukan kotor sih. Tapi ada pojokan yang ada sisa-sisa bahan bangunan (yang mungkin pas belum diberesin aja kali ya pas kita liat ke sana) yang cukup dekat dengan kelas, dan toiletnya yang kurang bersih. Jalan menuju toiletnya agak kecil dan ga terlalu terang gitu. Langsung deh batal mau telpon-telpon nanya biaya segala macem. Soalnya kalo toiletnya ga nyaman kan anak juga gimana gitu ga sih mau pipis? Dan aku selalu bilang sama Raka nanti kalo di TK pipis sendiri ya, ga usah sama bu guru, kan malu kakak udah besar dsb dsb. Jadi musti nyari yang toiletnya bersih dan gampang dipake anak-anak.

Mmmm apalagi ya.. Kalo biaya sih tak serahkan ke keyong aja biar dia yang pusing hahahaha. Etapi emang ya biaya TK aja udah lumayan banget sekarang ya. Gimana 2 taun lagi Raka masuk SD bareng Ami masuk TK. Rasakan kau keyong!! Hihi.

Kalo ada sekolah alam juga mau bangett.. Tapi yang deket rumah sekolah alamnya agak mencurigakan rimbun-rimbun gimana gitu. Ada lagi yang agak jauhan dikit tapi kayaknya ada target yang lumayan berat buat murid2nya, jadi males mau survey.

Sejauh ini yang paling agak nyantol di hati adalah yang paling deket rumah, dengan biaya yang much affordable, perbandingan guru muridnya masi sedeng lah 1 banding 15, muridnya ga boleh bawa bekel chiki, toiletnya bersihh i likeeee, area main outdoor ada kanopinya dann TKnya ada di halaman masjid. Tapi (pasti ada tapinya deh), masuknya setengah 8 (katanya malah mulai jam 7an karena baca iqro dulu), lagi ada proses renovasi gedung lantai atas (serem kejatuhan apa gitu, amit2!!!) dan ga ada ekskul karate (oke, ini kurang signifikan alasannya).

Apapun sekolahmu nanti, yang penting Raka betah dan senang sekolahnya yaaaa.. 

2 comments:

  1. samaaa dunk pusing nyaaa *toss* udah ada bagus sesuai sreg tpi harga selangit masooo anak tk mehong bgt bayar nyaaa. *emakpelit*

    ReplyDelete
  2. Huwooo, survey sekolah yaaa, sekarang mah yg tk banyak main agak jarang yaa, ih uda mau
    Tk aja si raka :) ada yg bagus tapi jauh dr rumaah. :/

    ReplyDelete