Thursday, October 23, 2014

one fine day

Kemarin hari berjalan seperti biasa. Awalnya malah smooth sekali karena para bayi baru bangun setelah semua urusan beres.

Anter Raka sekolah. Di sekolah juga udah anteng nulis-nulis sendiri. Good boy.

Pulang sekolah jatahnya Ami makan buah. Blenderin melon kuning kesukaan. Abis makan barulah deramah..

Sepanjang nyuapin Raka, Ami reweeell terus. Ini anak apa mulai separation anxiety ya? Apa maniak gendong? Untung Raka makannya cepet, itupun masih diburu-buru biar bisa cepet gendong Ami. 

Raka beres, giliran emaknya makan. Nope, ga pernah makan saat anak-anak udah tidur. Enakan sih kayaknya ya damai tentram. Bisa menggerogoti tulang sampe bersih. Tapi anak-anak tidur pasti ikut tidur. Mana sekarang aku tidur siang porsi bayi. Dua jam! Ini kayaknya masa tertepar deh.

Udah biasa makan sambil Ami gelendotan di kaki. Sambil nangis tentu. 

Jadi inget minggu kemaren makan lele goreng ga bisa koret-koret. Jangankan ngremus kepalanya dan ngisep-ngisep, dagingnya aja ga bersih keburu bayinya ngamuk. Padahal lele goreng kan menu ikan terenak abad ini kan?

Jadi terus biar diem anaknya disodorin kerupuk. Iyaa kerupuk yang ada garamnya dan nggorengnya pake minyak item-item itu. Pake micin juga apa ya? Bismillah semoga anaknya ga batuk. Ya tentu lah suka bayinya. Sampe mangap terus dan belepetan di baju. Lumayan makan bisa tenang dikit. Metode makannya: 3x kunyah, telan :p

Abis gitu cuci piring. Bayi digendong tangan kiri. Tau-tau molet. Halah rempong bener, taruh aja di karpet titipin Raka biar ngajak main. Beres nyuci, terdengar suara 'krak' si thomas kereta api dan Ami teriak nangis. Diikuti suara Raka teriak dan nangis, lebih kenceng.

Opo maneh iki Gusti. 

Gendong Ami, beresin dapur. Terus Raka ngintil. Biasa sih benernya. Tapi hawa lagi panas dan kepala ikut panas jadi terus ngomel deh. Kakak udah gede, ga usah ikutin bunda, sana main sendiri duluuu.. Diulang 57x. Poor baby. Maaf ya kak.

Pipis dan wudhu sambil gendong. Pas nurunin celana terdengar suara robekan celana. Hastagaaa.. Pipis aja ga bisa damai ya. Kirim dong pembantu satuuuuu..

Sering deh pengen nyerah dan udah deh pake pembantu aja. Capek beut kaki ngapa-ngapain sambil gendong. Lagian kapan sih Ami bisa jalan sendiri biar ga minta gendong mulu? Apa satu titipin Blitar aja inih? De-es-te de-es-te de-es-te. In the end tetep aja opsi-opsinya ga ada yang dipilih. Sok idealis sih.

Tapi memang ya, aku percaya kalo abis ada yang rewel ato repot banget, pasti ada kebahagiaan dibaliknya. Selalu itu lho.

Jadi trus solat di kamar. Bayi-bayi taruh kasur dan pesen ke Raka, adik ajak main ya biar ga rewel, ga jatuh. Kemarinnya Ami abis jatuh lagi soalnya pas ditemenin Raka.

Solat tentu sambil ngelirik kasur terus. Di saat Ami mulai merayap ke pinggir kasur, Raka yang lagi main tiba-tiba sadar trus nyeletuk "dik, adik, jangan dik.."

Trus pantat adiknya ditarik, balik lagi ke tengah kasur.

Inget pesen bunda, Raka trus main lompat-lompat karena ini selalu berhasil bikin Ami ketawa. Lalu nyanyi lagu kereta api sambil nadanya agak tertekan, karena takut diomelin lagi kali sih wkwk.

Solat asli ya ga konsen banget. Pingin ketawa tapi terharu at the same time. Anak-anak.. Bisa banget sih bikin hati sejuk dan semliwir..

Abis solat bertiga kruntelan di kasur. Satu  anak di setiap ketek. Biasanya sih dilanjut yang satu nglomotin muka bunda dan satunya lompat-lompat dan mendarat di perut bunda. Tapi yang bayi udah ngantuk jadi episodenya berhenti sampe adegan kruntelan di ketek.


Secapek-capeknya, ujung-ujungnya tetap indah kan? *tempelkoyo *malemnyateteprewelkesuami


Wednesday, October 15, 2014

mpasi 6 bulan: recap and recipe

Halah sok asik bener judulnya wkwk.

To be frank, masa MPASI bukanlah masa yang ditunggu-tunggu. Bukan, bukan repot masaknya. Hantu GTM, sembur-menyembur, lepeh-melepeh, mengemut berjam-jam? Anyone with me? Hoahahaha. Makanya kemarin menikmatiii sekali pas asi eksklusip. Disaat kebebasan dari para hantu diatas hihi.

Mungkin karena energi emaknya kurang positip, makanya Ami makannya juga biasa aja :D Bundanya musti semangat dulu kaliyaaaa.. 

Sebulan pertama makan. Diawali puree buah-buahan. Di bali pula makannya. Gaya bener anak bayik dah. Hari pertama pisang, mau. Hari kedua dibelain beli alpuket. Gagal. Kutukan alpuket buruk rupa dan rasa masih belum selesai. Sisanya masih lumayan mau.

Minggu kedua mulai mempekerjakan takahi. Biar ga kaget dibikin encer lalu diblender. Pas icip sih agak kurang pede sama rasanya. Beneran, disembur aja. Emang kalo diblender rasanya jadi nyampur ga keruan gitu deh.

Jadi selanjutnya teksturnya dibikin rada kasar bergerinjul gitu. Lumayan, masih mau. Tapiii. Tentu ada tantangannya. Ga mau duduk. Dipangku bentar aja bosen. Dudukin di booster molet. Terpaksa, gendong.

Aku adalah emak anti makan sambil digendong jalan-jalan. Pegel mak. Tambah lama juga perasaan makannya. Tapi demi si genduk biar mau makan, kita ambil selendang dan digendong. Sambil liat kucing, motor lewat. Hasilnya? Podo waeee. Malah baju dan jilbab kusut masai dan belepotan makanan wong anaknya abis disuap trus ndusel ketek bunda. Astaga nak.. Gak ada princess-princessnya blas gaya makanmu.

Emang bener ya harus membulatkan tekad. Apapun, ga usah gendong. Ga mau makan yowes. Namanya bayi kan emang ajaib ya. Akhirnya mau dipangku! Yihaaa.. Biar seru disewain bumbo deh. Eh ga suka anaknya melenting-melenting mau keluar. Ya sudahlah emang pangkuan bunda anget dan enak ya adiikkk..

All in all, sebulan pertama makannya belum terlalu suka. Tapi abis ngadu ke bu dokter kalo anaknya mingkem, sorenya langsung abis kentang sama labu parang. Ami suka ngerjain bunda ya?

Resepnya belum terlalu seru karena masih campur-semua-jadi-satu. Syapa tau ada yang butuh yaakkk


Bubur ayam hainan

Ini pertama banget kenal bumbu. Beras putih tambahin ayam sesukanya, kaldu sekentalnya yang dimau, bawang putih dialusin, serai dikit digeprek. Udah. Masukin semua ke takahi. 20 menit sebelum dimatiin cemplungin labu siam parut. Gurih seus!



Kaldu sayur. As seen on pic. Wortel kentang bawang bombay batang seledri bawang putih serai. Kasi air, masak 4-5jam di takahi. Aturan kasi jamur champignon dijamin sedep. Ini lumayan lah rasanya meskipun tetep ya gurihan kaldu hewani.



Perdana kasi nasi lembek pleus lauk. Nasinya ya biasa aja ya bikinnya. Lauknya, sup krim jagung. Kaldu sama ayam masak di slow cooker. 20menit menjelang dimatiin masukin jagung parut sama asip. Kalo ga mau terlalu kentel tapi rasanya tetep jagung-i, sebagian peres aja jagungnya, ambil airnya doang. Manis-manis sedep kan?



Ini sih nasi lembek pake sop ayam tahu doang sih heheu. Isinya ya ayam tahu dibejek-bejek kasi wortel parut. Sama pakein unsalted butter ya biar seru. Kan udah mau 7 bulan genduknyaa..


Jadilah resmi menu harian Amilea sekarang nasi lembek (ato kentang kukus potong-potong keciil, ato makaroni cacah, ato oatmeal) kasi lauk. Menu tujuh bulan lebih seruuuu karena nyusun menu buat perut mini sehari-sehari menyenangkan sekali ya? :) Pleus anaknya udah mau mangap. Pleus sekarang udah sohib sama bumbo! Uwyeah. 

Tsampe zumpa di cerita 7 bulaann..

Sunday, October 5, 2014

recipe: caramel milk chocolate

Karena label cooking di blog ini sudah mulai mengenaskan, yeuk kita tulis resep lagi. Yang gampang aja, kalo bikin opera kek ato blek forest nyerah deh awak.

Karamel. Sukaaaa banget! Lebih suka yang biasa daripada yang salted. Biasanya bikin karamel tambahin susu sama air sampe manisnya pas, kasi isian nutrijel cokelat ato cincau. Terus dipertemukanlah sama the magic susu evaporated FN. Luar biasa. Kalo punya stok FN aman sentosa dapur kita lah. Mana doi kadang suka ngilang ga ada dimana-mana. Jadi tiap groceries wajib beli susu ini.

Bedanya apa sama susu kental manis? Beda lah seus. Evaporated itu susu biasa yang dikentelin, tapi ga pake pemanis. Rasanya? Ya jelas gurih krimy kental menggoda gitu deh! Buat sup krim enak, ato paling jos buat bikin vla temen makan puding. Dicampur karamel gimana? Wih endes markondes.

Jadi kemaren kan keyong puasa. Sendirian. Kan daku lemas menyusui hihihi. Trus biasalah kalo puasa sendiri suka drama "kalo ga kuat gimana, buka aja ya". Walah yong, kayak anak esde aja pingin buka mulu :p. Biar seneng digorengin sambosa (jelas beli kalo ini, ngelipet-lipet sambosa sambil dikintilin 2 bayi? ngimpi!) dan dibuatin es karamel cokelat ini:



6 sdm gula
1 kaleng susu FN
1 sdm munjung cokelat bubuk

Karamelin gula. Tau dong ya caranya. Taruh di panci biarin sampe cokelat rata dan baunya wangii. Jangan diaduk pake sendok, cukup digoyang-goyang aja pancinya biar karamelisasinya rata.

Kalo udah, tuangin susu FNnya. Oia sisain dikit susunya buat ngelarutin cokelat bubuk. Nah kalo udah dituang susu boleh deh diaduk. Tambahin cokelatnya. Kok karamelnya ada yang ngegumpal? Santei, ntar cair semua itu sis.

Mendidih, udah deh. Tambahin air sampe seliter. Kalo mau enceran ya tambah lagi 100-200ml. Cicip dikit sebelum masuk kulkas. Piye, enak to? Semacam alpenliebe cair dengan citarasa cokelat. Srupuuttt..

Tentu saja abisnya cepet banget. Mana ada bayi kepedesan sambosa dikasi air putih nangis, maunya minum si karamel. Bagus sekali nak strategimu.

Kalo diminum anget kayaknya juga enak. Sambil pagi-pagi saat bayi-bayi masih tidur dan nyemilin pancake pake dulce de leche.. Oh karamel am in loopppphh..


Thursday, October 2, 2014

32&6

Very berry super duper laaatteee.. Hihi

Adyaraka

Milestone terbesarnya adalah, bisa gowes! Udah jadi pengebut cilik sekarang. Dan hati emaknya kebat-kebit sambil terbirit-birit mengejar. Kemaren ngajarin gowes itu sampe pusing sendiri. Gak mau gowes ke depan, ke belakang muluuu sampe dower bibir emaknya ngajarin. Tapi emang ya, children see children do. Merhatiin temennya sepedaan, 2x, abis gitu langsung bisa. Udah ga terhitung jatuh berapa kali. Tapi malah makin semangat. Super proud!!!

Can i say terrible two nya udah jauh mendingan? Please jangan malah kena tulah dan malah makin menjadi. Hihi. Emang harus tau batesnya ya, biar ga kecapekan atau kelaperan atau kengantukan yang memicu datangnya cranky.

Masih bayi tradisional. Suka jamu bikinan titi. Suka tiwul. Suka getuk. Walopun kalo gatot dilepeh sih.

Sekolahnyaa.. Mmm udah lumayan sih. Walo kalo lagi gak mood ga mau ikut belajar malah ngintilin bundanya ngegosip.

Kalo disuruh maju nyanyi ga mau. Tapi di pojokan sambil main kaki nyanyi kenceng banget. "Twingkel twingkel lilel stal.. Ol ai won wot yu aaa..."


Amilea

Mulai makaaannn. Dibahas beda aja ya. Biasa dong drama mpasi hoahahahahah.

Suka banget main sama kakak.

Hanya mau dan mau dan hanya jika bersama bunda. Ayah ditolak. Titi setelah pendekatan 7852627x baru ikrib. Etapi sama budhe shinta langsung mau sih. Oh anakkuuuu..

Maunya berdiri mulu. Tapi duduknya belum stabil. Udah ngerayaaappp..

Rambutnya rontok. Hiks. Yang belakang hilang sudah kegondrongan. 

Mengigit pas nyusu! Alamak. Rasanya terbang ke angkasa. Gimana kalo udah bergigi ini?

Bayi tersumuk di dunia.



Anak-anakku, kok cepet banget sih tau-tau itungan bulannya udah banyak? Sampe kapan kalian boleh dikekep di rumah aja sesuka hati? Yang sehat.. Yang gembira.. Yang bahagia ya anak-anakk..