Friday, November 14, 2014

mpasi 7 bulan amilea

Bulan ini, seruuuuuu..

Bayinya udah mau makan. Udah sohib sama bumbo. Sesekali didudukin di sepeda taruh teras depan. Seneng banget dia kena semilir angin.

Menunya udah nasi lembek sama lauk. Kabar gembiranya, si takahi bisa istirohat! Karena nasi lembek kan tinggal nasi rumah aja ditambahin air/kaldu kukus lagi. Lauknya paling sering dikukus, ato masak di panci. Takahi ngapain? Ya leha-leha aja doi di pojokan. Palingan bikin kaldu ato kalo lagi males ngukus nasi ya doi dipake.

Jadi yang paling sering dipake ya kukusan. Bikin sop di panci? Ih remfong deh. Sop buat perut mini kan seciprit ya. Paling kaldu 100-200mili kan. Daripada masak di panci musti pake api super kecil dan ditungguin, tuang aja bahan sopnya ke ramekin, kasi bawang putih bakar geprek, kukus. Kalo sayur ijo-ijo masukinnya 5 menit sebelum mateng. Etapi kalo bayem kangkung 3 menit aja seus. Udah deh jadi. Oia cemplungin butter kalo mau. 

Makannya udah 3x. Pagi buah. Siang dan sore makan berat. Menunya beda biar ga bosen anak bayi.

Namanya anak kedua ya, belajar dari pengalaman anak pertama. Raka dulu, keju berlebihan karena ngenalinnya kebanyakan dan terlalu dini. Ami sekarang, keju baru 2x dan seujung sendok sahaja. Biar manis gurih gimana? Kaldu, asip, ato sayur yang banyak. Kheuseusnya sayur yang berasa manis. Wortel, labu parang, jagung manis (jagung sayur apa karbo sik ya?), tomat, ummm apalagi ya? Belum nyoba bit. Katanya getir ya?

Ami belum bisa makan beras merah karena jadi sembelit, jadi sementara putihan aja dulu ya. Kok jadi ga pede mau kasi beras cokelat. Bunda tanya budok dulu ya nduk. 

Ikan laut sudah makan daaaann gak alergi. Oia prestasi Ami, baru sekali makan daging frozen. Sisanya, fresh from pak tukang sayur. Sayang aja pak sayur gak bawa salmon. Do not underestimate pak sayur deh. Masa aku pernah beli rock melon alias melon oren sebunder 8rb saja? Satu bunderan. Ih ciamik bener deh.

Resep dulu deh ya, biar rada berguna ini blog hwkwkwk


Puding kentang kismis


Ini salah satu menu tersukses. Anaknya sampe jilat2 bibir coba.

Kentang
Kismis
Air jeruk
Agar2 seciprit

Kukus kentang sama kismis. Kalo udah mateng, saring. Masak tumbukan kentang kismis bareng agar-agar dan sedikit air. Kalo udah mendidih, matikan api dan campurkan air jeruk. Ini pakenya jeruk peras yang manis bingit itu loh, lagi musim kan ya. Murah ceu sekilo 8ribu dapet 4 ato 5 gitu.

Oia kalo udah masup kulkas biar mengeras ya.


Tumis kangkung


Yaelah inimah siapa juga bisa yaaa. Gak kreatip blas.

Kangkung
Bawang putih
Kaldu
Butter

Cincang kangkung. Parut bawang putih. Tumis bawang pake butter. Masukin kaldu. Mendidih, masukin kangkung. Beres dah.

Makannya pake nasi yang udah dicampur ayam ato daging.


Pepes lele


My baby girl loves lele. Ini juga kemaren tandas doi.

Fillet lele
Daun salam
Butter

Bumbu halus:
Bawang merah
Bawang putih
Kunyit
Kemiri

Tumis bumbu halus pake butter sampe wangi dan tanak. Campur bumbu dengan lele. Taruh di ramekin yang udah dialasin daun salam. Kukus deh.

Oia ini kemaren lupa masak sayurnya heuheu. Maafkan nak.


Takerannya kira-kira ya. Asli aku heran kalo ada resep yang nulis: 15 gram anu, 10 gram ini. Susye amat nimbang mini2 gitu ya. Alesan aja sik ga punya timbangan wkwkwk


Baeklah, tsampe zumfa di cerita bulan depannn!



5 comments:

  1. keren nih mak nya ami.
    ijin nyontek ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bayar bayaaarrr.. Pake bibit taneman.. Hwkwkwkwk

      Delete
  2. hehehe... oke ditunggu cerita selanjutnya ^_^ salam kenal ya bu

    ReplyDelete