Sunday, October 5, 2014

recipe: caramel milk chocolate

Karena label cooking di blog ini sudah mulai mengenaskan, yeuk kita tulis resep lagi. Yang gampang aja, kalo bikin opera kek ato blek forest nyerah deh awak.

Karamel. Sukaaaa banget! Lebih suka yang biasa daripada yang salted. Biasanya bikin karamel tambahin susu sama air sampe manisnya pas, kasi isian nutrijel cokelat ato cincau. Terus dipertemukanlah sama the magic susu evaporated FN. Luar biasa. Kalo punya stok FN aman sentosa dapur kita lah. Mana doi kadang suka ngilang ga ada dimana-mana. Jadi tiap groceries wajib beli susu ini.

Bedanya apa sama susu kental manis? Beda lah seus. Evaporated itu susu biasa yang dikentelin, tapi ga pake pemanis. Rasanya? Ya jelas gurih krimy kental menggoda gitu deh! Buat sup krim enak, ato paling jos buat bikin vla temen makan puding. Dicampur karamel gimana? Wih endes markondes.

Jadi kemaren kan keyong puasa. Sendirian. Kan daku lemas menyusui hihihi. Trus biasalah kalo puasa sendiri suka drama "kalo ga kuat gimana, buka aja ya". Walah yong, kayak anak esde aja pingin buka mulu :p. Biar seneng digorengin sambosa (jelas beli kalo ini, ngelipet-lipet sambosa sambil dikintilin 2 bayi? ngimpi!) dan dibuatin es karamel cokelat ini:



6 sdm gula
1 kaleng susu FN
1 sdm munjung cokelat bubuk

Karamelin gula. Tau dong ya caranya. Taruh di panci biarin sampe cokelat rata dan baunya wangii. Jangan diaduk pake sendok, cukup digoyang-goyang aja pancinya biar karamelisasinya rata.

Kalo udah, tuangin susu FNnya. Oia sisain dikit susunya buat ngelarutin cokelat bubuk. Nah kalo udah dituang susu boleh deh diaduk. Tambahin cokelatnya. Kok karamelnya ada yang ngegumpal? Santei, ntar cair semua itu sis.

Mendidih, udah deh. Tambahin air sampe seliter. Kalo mau enceran ya tambah lagi 100-200ml. Cicip dikit sebelum masuk kulkas. Piye, enak to? Semacam alpenliebe cair dengan citarasa cokelat. Srupuuttt..

Tentu saja abisnya cepet banget. Mana ada bayi kepedesan sambosa dikasi air putih nangis, maunya minum si karamel. Bagus sekali nak strategimu.

Kalo diminum anget kayaknya juga enak. Sambil pagi-pagi saat bayi-bayi masih tidur dan nyemilin pancake pake dulce de leche.. Oh karamel am in loopppphh..


4 comments:

  1. T____T
    Buat karamel aja aku tak bisa, masa minta tulung Babap lagi hadeeeehh. Ga ada apa beli karamel jadi? :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fen karamel kan gula gosong, kalo kamu pernah gosongin makanan, kamuu bisaa bikin karamel :))

      Delete
  2. kok ya enakan bawa gelas ke rumahnya nanieng ketimbang bikin sendiri, huakakakaka... :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener nih yaa dateng ke rumah? Dibikinin sebotol gede deh :)

      Delete