Wednesday, October 15, 2014

mpasi 6 bulan: recap and recipe

Halah sok asik bener judulnya wkwk.

To be frank, masa MPASI bukanlah masa yang ditunggu-tunggu. Bukan, bukan repot masaknya. Hantu GTM, sembur-menyembur, lepeh-melepeh, mengemut berjam-jam? Anyone with me? Hoahahaha. Makanya kemarin menikmatiii sekali pas asi eksklusip. Disaat kebebasan dari para hantu diatas hihi.

Mungkin karena energi emaknya kurang positip, makanya Ami makannya juga biasa aja :D Bundanya musti semangat dulu kaliyaaaa.. 

Sebulan pertama makan. Diawali puree buah-buahan. Di bali pula makannya. Gaya bener anak bayik dah. Hari pertama pisang, mau. Hari kedua dibelain beli alpuket. Gagal. Kutukan alpuket buruk rupa dan rasa masih belum selesai. Sisanya masih lumayan mau.

Minggu kedua mulai mempekerjakan takahi. Biar ga kaget dibikin encer lalu diblender. Pas icip sih agak kurang pede sama rasanya. Beneran, disembur aja. Emang kalo diblender rasanya jadi nyampur ga keruan gitu deh.

Jadi selanjutnya teksturnya dibikin rada kasar bergerinjul gitu. Lumayan, masih mau. Tapiii. Tentu ada tantangannya. Ga mau duduk. Dipangku bentar aja bosen. Dudukin di booster molet. Terpaksa, gendong.

Aku adalah emak anti makan sambil digendong jalan-jalan. Pegel mak. Tambah lama juga perasaan makannya. Tapi demi si genduk biar mau makan, kita ambil selendang dan digendong. Sambil liat kucing, motor lewat. Hasilnya? Podo waeee. Malah baju dan jilbab kusut masai dan belepotan makanan wong anaknya abis disuap trus ndusel ketek bunda. Astaga nak.. Gak ada princess-princessnya blas gaya makanmu.

Emang bener ya harus membulatkan tekad. Apapun, ga usah gendong. Ga mau makan yowes. Namanya bayi kan emang ajaib ya. Akhirnya mau dipangku! Yihaaa.. Biar seru disewain bumbo deh. Eh ga suka anaknya melenting-melenting mau keluar. Ya sudahlah emang pangkuan bunda anget dan enak ya adiikkk..

All in all, sebulan pertama makannya belum terlalu suka. Tapi abis ngadu ke bu dokter kalo anaknya mingkem, sorenya langsung abis kentang sama labu parang. Ami suka ngerjain bunda ya?

Resepnya belum terlalu seru karena masih campur-semua-jadi-satu. Syapa tau ada yang butuh yaakkk


Bubur ayam hainan

Ini pertama banget kenal bumbu. Beras putih tambahin ayam sesukanya, kaldu sekentalnya yang dimau, bawang putih dialusin, serai dikit digeprek. Udah. Masukin semua ke takahi. 20 menit sebelum dimatiin cemplungin labu siam parut. Gurih seus!



Kaldu sayur. As seen on pic. Wortel kentang bawang bombay batang seledri bawang putih serai. Kasi air, masak 4-5jam di takahi. Aturan kasi jamur champignon dijamin sedep. Ini lumayan lah rasanya meskipun tetep ya gurihan kaldu hewani.



Perdana kasi nasi lembek pleus lauk. Nasinya ya biasa aja ya bikinnya. Lauknya, sup krim jagung. Kaldu sama ayam masak di slow cooker. 20menit menjelang dimatiin masukin jagung parut sama asip. Kalo ga mau terlalu kentel tapi rasanya tetep jagung-i, sebagian peres aja jagungnya, ambil airnya doang. Manis-manis sedep kan?



Ini sih nasi lembek pake sop ayam tahu doang sih heheu. Isinya ya ayam tahu dibejek-bejek kasi wortel parut. Sama pakein unsalted butter ya biar seru. Kan udah mau 7 bulan genduknyaa..


Jadilah resmi menu harian Amilea sekarang nasi lembek (ato kentang kukus potong-potong keciil, ato makaroni cacah, ato oatmeal) kasi lauk. Menu tujuh bulan lebih seruuuu karena nyusun menu buat perut mini sehari-sehari menyenangkan sekali ya? :) Pleus anaknya udah mau mangap. Pleus sekarang udah sohib sama bumbo! Uwyeah. 

Tsampe zumpa di cerita 7 bulaann..

4 comments:

  1. semoga mangap terus ya, jangan suka mingkem kalo waktunya maem.

    :)

    ReplyDelete
  2. emang masakin mpasi tuh menyenangkan banget yaaa.. padahal kan ya tiban cemplang cemplung doang kok anak mangap hap happpp.... makan yang banyak dik amii :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bangetttt hahaha.. Kadang rasanya azaub kok bayinya mau2 aja wkwk

      Delete