Saturday, June 28, 2014

ter-ibu-ibu: drama ART

Blog macam apa ini, udah jarang ada isinya, komen ga pernah dibales. Tsk. Serba terbatas ini ngeblog hanya bisa dari hape. Ipad lagi error. Mau buka laptop kok ya mualesnya kebangetan. Jadi hanya bisa posting. Tok. Bales komen dan komen di blog lain ga bisa. Maaf yaaa kalo yang punya blog nampak sombong, aslinya manis dan baik hati kok :)

Jadi katanya belum sah jadi blog ibu-ibu kalo belum bahas topik paling hot abad ini, yesss apalagi kalo bukan ART/PRT/embak/pembetes/maid/rewang/anything you name them. Mereka ini yang katanya bisa bikin patah hati parah ngalah-ngalahin patah hati cinta pertama. Ah macacii? 

Sebenernya pengalaman sejauh ini adem ayem aja sih. Pertama punya pas masih di MOI. Idolaku nomer satu kalo ini sih, namanya Mbak Tatik. Meskipun itungan gajinya lebih mahal karena di apartemen, tapi doi orangnya rajin banget, super bersih, jujur, ga banyak omong (poin penting ini), bisa dititipin belanja apa aja di pasar, wes pokoke yang terbaik yang pernah kumiliki. Pindah ke Jatiwaringin ketemu Mbak Misye. Curiga ini nama samaran sih, haha. Cuman dateng 3 hari. Hari pertama, kerja ga sesuai instruksi nyokap. Hari kedua, baru dateng jam 10 dan tanpa seijin nyokap ngambil makanan di meja makan. Ini parah banget deh. Hari ketiga, dateng jam 12 dan hanya sampe di pager aja. Kasi duit, suruh pulang.

Lalu ada Mbak Yun. Ini yang paling lama kerja, hampir setahun. Jujur, bersih, suka bikinin jamu, cuman kadang inisiatifnya terlalu tinggi. Suka mindah-mindahin rak dan laci tanpa seijin tuan rumah. Jadi suka kaget kalo masuk kamar sendiri, tau-tau layoutnya berubah semua. Tapi overall doi oke lah..

Di Surabaya, ada Mbak Iis. Dicariin sama satpam komplek. Mbak Iis ini udah 7 tahun nikah dan belum punya anak. Pernah hamil 2x tapi semuanya belum rejeki bisa lahir selamat. Makanya doi sueneeeng banget sama Ami. Kalo gendong atau ngajak main Ami pasti mukanya bahagia banget. Mbak Iis ini mantan babysitter, jadi bisa main seru sama Raka dan bisa handle kalo Raka lagi rewel. Kerjaannya juga oke, bersih. Inisiatifnya lumayan dan ga kebablasan. Diajarin sekali langsung bisa. Orangnya jujur.

Such a good deal dan rasanya pengen dibawa kalo nanti balik ke Jakarta.

Tapi kalo semuanya good bukan drama ART dong judulnya. Karena beberapa kali ga masuk kerja (sakit, pulang kampung mendadak, servis motor, endebra endebre weleh-weleh) dianya ga enak sendiri dan disuruh berhenti kerja sama suaminya. Oh well, kenyataan memang pahit ya seus..

Dari situ terus jadi males nyari lagi. Males drama. Males ngajarin lagi. Males kalo pagi-pagi udah santei ga beres-beres dan tiba-tiba dateng sms "bu, saya ga masuk ya". Males bayar gajinya juga. Mending beli tas baru yaaa.. Ahahahaha

Tanpa ART ya jelas lebih capek. But somehow kok malah lebih enjoy ya? Jangan-jangan emang mental b*bu ini sih jadi maunya dikerjain sendiri :DDD

Bangun musti lebih pagi, tapi kalo weekend sih bisa santei. Dan karena weekend dimulai hari Jumat dan berakhir hari Senin, jadi sebenernya bangun jam 4 cuman 3x seminggu loh. Tiap hari masak cuman 2 jenis, 1 buat sarapan, 1 buat siang-sore. Bikin brownies kukus? Pukis? Apa itu? Jelas lah ga sempet. Jadi Raka jajannya puding lagi puding lagi. Ato es aja yang gampang. Ato buah potong. Ato kue putu yang lewat malem-malem.

Clodi? Apa pula itu? Hahahaha. Bertahan 2 minggu doang. Sekarang berburu diskonan pampers tiap weekend. Idealisme yuk ke laut aje..

Ngepel cukup 2 hari sekali. Lantai berasa lengket-lengket dikit ga usah dirasain lah.. Namanya juga punya anak yang makan sambil koprol sambil naik sepeda. 

Mimpi punya bisnis sendiri, mmmm maybe next year? Kalo anak-anak udah gedean dikit dan ga ngintilin kemanapun emaknya melangkah. Sekarang mau mandi pun pake kecepatan dragon ball dan makan cukup dua kali kunyah langsung telen. Seru lah pokoknya. Hal-hal yang 2-3 taun lagi pasti bakal bikin senyum-senyum kalo diinget (sekarang ngejalaninnya juga senyum sih.. senyum senep ahahahah)

Yang paling seru kalo nap time. Tantangan banget biar dua anak bisa sama-sama tidur. Kalo enggak, alamat emaknya ga istirahat. Kalo lagi lucu, yang satu nyusu, satu kasi sikut, anteng tidur. Kalo yang bayi lagi ga mood, musti pake acara gendong eyong-eyong dulu, dan kakaknya jadi ga kebagian sikut dan ga bisa tidur. Ato kalo lagi nasib, dua-duanya bunder ga ada yang ngantuk. Tapi bukan emak masa kini dong kalo ga punya strategi. Yang bayi taruh di bouncer, setelin tv asal ada suara, yang anak gede dikelonin sambil kasih sikut. Ajaib, 5 menit dua-duanya tidurr!

Kalo kata Mba Titis sih, nidurin anak tidur siang itu deg-degannya ngalahin presentasi final OJT deh. Tiap hari pulak. Kenyang kaannn :))


So, here i am. Survive and alive :) Minta doanya cuman 2: Sehat dan Sabar. Aamiinn Ya Allah!


2 comments:

  1. hahaha drama ART emang paling hits ya buat ibuibu
    semoga 2 bocil nya selalu bisa ajak kerjasama ya bun, biar mandinya ga pake kecepatan dragon ball lg :))

    ReplyDelete
  2. nanieng...
    keren!!!!
    mulai saat ini aku kasih kamu predikat mom of the year :)
    moga tetep istiqomah
    salam kecup buat raka & ami

    btw, sini..clodinya buat cakra aj :)

    ReplyDelete