Saturday, March 8, 2014

amazing two

Jaman kuliah dulu, yang paling ditakutin adalah semester 5. Para senior bilangnya ini adalah semester idup matinya anak TI *duilee. Di semester ini banyak praktikum (lupa apa aja) dan ada mata kuliah horor namanya PF alias perencanaan fasilitas. Plis jangan tanya isi matkulnya apa, karena segala macem yang didapet pas kuliah dulu blas jablas ga ada yang inget sama sekali. Blas beneran loh. Tauk deh dulu kok bisa lulus sih? :D

Anw, singkat kata semester 5 terlewati juga dengan selamat. Bahkan ternyata biasa-biasa aja kok, ga seserem yang diceritain. Bukaann, bukan berarti jenius ato gimana (dikit sik :p) tapi ya ternyata sesuatu yang katanya serem itu kalo udah dijalanin ya biasa aja. Yang bikin deg-degan paling pas 'akan'-nya aja, begitu mulai ya udah, let it flow. Kayak kalo jaman SMP dulu suruh maju nyanyi ke depan, mau maju rasanya beraaattt bener kan.. Musti pake keringetan sebiji ubi :p Kalo udah di depan nyanyi, ya udah biasa aja. Terlepas dari hasil akhirnya dapet 6.5, hauhahahahaha


Terkait hal-hal serem tersebut *tsaah.. Punya anak yang paling ketar-ketir katanya umur 2 taun ya. Sampe ada istilahnya terrible two. Tantrum and the gank. Belum lagi 2 taun kan waktunya disapih. Drama lageee.. Oia, toilet training kan juga mulai pas 2 taun ya? Drama lageee.. Musti bagaimana kami ini para mamak beranak 2 taun?

Well, the thing is, lagi-lagi ternyata ga seserem yang dibayangin kok. Gampang sih relatif ya, tapi intinya sih expect less aja. Tantrum sampe sejam yaa ditebelin kuping aja. Ngamuk pas belanja groceries, ya udah lah yaa.. Pura-pura aja ga ada yang merhatiin. Ngompol mulu meski udah ditatur? Berarti saatnya anda beli sprei waterproof. Disapih kok susah amat ni anak? Dinikmatin aja buibu, ada lho yang masih pengen nyusuin anaknya udah ga mau lagi *uhuk

Keliatannya bijak banget ya? Padahal kenyataannya, emang pas umur 2 taun itu ujian kesabaran buat mamaknya luar biasa sih. Alhamdulillah periode ngamuk-ngamuk bak ibu suri udah lewat dan semoga ga mampir-mampir lagi. Makanya buat yang akan mengalami, udahlah expect less aja. Jangan diikuti jejak saya jadi mamak galak dan suka melotot..

Anw, dibalik keseraman yang ditawarkan terrible two, ternyata pas anak umur 2 taun itu juga ada berkahnya. Ga tau yang lain gimana, pas Raka 2 taun itu, tiba-tiba aja ngomongnya jadi lancar. Yang tadinya cuman bisa satu-kata-satu-kata, jadi bisa bikin kalimat. Jadi bisa nyanyi dengan nada yang lumayan, sebelumnya satu nada doang dia semua lagu :D Jadi banyak nanya. Makannya jadi lumayaann. Ngobrol juga jadi lebih nyambung.

See? Ga terrible-terrible banget kan sebenernya 2 taun itu? Makanya paling pas kasi adik ya emang umur 2 taun *eaaaa.. *ditimpukIUD


Tapi memang ya, jadi ibu itu tugas seumur hidup. Dulu jaman GTM, ngerasa jadi ibu paling sedih sedunia dan dunia berwarna abu-abu. Kenapa? Kenapa harus anakku yang GTM? Kenapaaaa? *lebey*. Trus baca twitnya psikolog *lupasiapa* yang bilang kalo punya anak pra-remaja itu ibarat naik roller coaster tiap hari, deg-degan! Dari situ sadar, udahlah ga usah lebey (meskipun susah yeee hahahaha). Anak GTM bukan akhir segalanya. GTM berakhir apakah ujian juga berakhir? Tentu tidaaakkk.. Tunggulah saatnya anak pamit maen sepedahan sama temennya *brb pasangin helm dan jaket anti peluru*. Atau anak bertanya tentang pe-er fisikanya *matek*. Atau saat anak gadis pamit jalan-jalan nonton bioskop sama gengnya *ngintil dari belakang sambil pake wig dan kumis*


Perjalanan masi poanjaaaangg sodaraaa!! Sumangaatttt!!!


*peluk virtual untuk semua ibu di dunia*

4 comments:

  1. peluuuuuuuukkkkkkkkkkkk! ah ning kau memberi secercah harapan :)

    ReplyDelete
  2. iya Nieng gw pun ga berasa susahnya terrible two deh. ya paling kezut2 dikit tiba2 anaknya ngomong "cabe2an". entah cabe beneran yg dia maksud atau denger dari TV. atau tiba2 terkezut anak hafal lagu Bara Bere. huahahaha. tapi kan makan mulai gampang, ngobrol nyambung banget, dan bisa bantu2 emaknya. seriously Kaysa dah bisa banget gw suruh2 lho. haha terrible mom ini mah namanya..

    ReplyDelete
  3. Akuu..berasa bgt challenging two nyaa..ditambah sibling rivalry jg kykny sih..atau raka emg sifatnya dramatis kyk ibunya. Iya prinsip gw jg nikmatin ajaa... Anak2 nangis sahut2an rebutan (nenen) emaknya, tengah malem bangun ganti2an sampe gw jd zombie, enjoyy ajaa..mumpung gw msh jd cewek no.1 dihati mereka..20thn lagi blm tentu kan..30thn lg apalagi sepi deh rumah pd sibuk berumahtangga ngurus anak istri masing2 ihiikkss

    ReplyDelete
  4. enggak pernah ngerasain semester 5 orang semester 2 sudah DO hehhe

    ReplyDelete