Monday, December 2, 2013

anak kurus

Oke, where do i start ya?

Aku udah berenti ngeplot BB Raka di growth chart sejak..setaunan ada kali. Ya sampe sekarang GCnya update sih ya, tapi para dokter yg ngeplot huihihihi. Emaknya udah pesimis duluan. BB Raka tu ada di garis ijo hanya selama 2 bulan awal masa hidupnya, selanjutnya yaa gitu deh..

Ada masanya BBnya melonjak pesat. Kayak pas 15 bulan, he gained 800grams in 6 weeks. Padahal waktu itu ga ada treatment khusus macam double carbo, olive oil, red meat, ato apapun. Porsi makannya juga biasa. Yang aku inget sih tiap berapa hari ditimbang bisa naiknya 100gram-100gram gitu. Makanya dulu pede banget pas 2 taun BBnya bisa at least 12 kilo. Pelajarannya: ga usah bikin target BB anak, jd puyeng sendiri liat kenyataannya jaooohh dari harapan hwkhwkhwk.

Can i just say, gapapa kurus yang penting sehat? Ya bisabisa aja sih, tapi mau memastikan dulu ini anak kurus ya memang dari sononya, bukan karena there's something wrong inside his body. Makanya rela deh sampe skrining 2x meskipun pake acara males mulu karena megangin Raka pas disuntik itu butuh kekuatan LIMA orang dewasa. Hosh!!!


Skrining pertama ADB pas 14 bulan. Udah pernah cerita sih ini ya. Hasilnya walopun ga anemia, tapi HBnya mefet jadi lanjut Ferris sampe 18 bulan.

Skrining kedua, hasil rujukan dokter Wati: ISK dan thalassemia. Serem amat sik pake thalassemia? Soalnya mamaknya kan ada kecenderungan kesana, jadi ya cuss anaknya di cek juga.

Hasil lab kedua ini kita laporin ke Markas Sehat minggu kemarin. Maunya ke dokter Wati tapi belio adanya pas weekday (keyong susah ijinnya. Pergi sendiri naik taksi dengan bayi 2 taun yang rajin akrobat dan lagi hamil? Makasi.) atau weekend depannya (sabtu ini, ga bisa soalnya ngintil keyong reunian). Adanya dokter Dimas Seto (yang artis itu bukan ya?) sama dokter Windhi. Ya baiklah kita ke dokter Windhi ajah. Belio kan lagi sekolah DSA juga.

Sebelum periksa nimbang dulu.. means drama dulu :) Enggak mau di timbangan bayi, ga mau di timbangan berdiri. Hup, gendong emaknya aja beres deh ntar tinggal dikurangin. Yaaa ga akurat sih tapigimanalagi doong..

Alhamdulillah wa syukurilah, meskipun untuk tes thalassemianya ada beberapa bintang, anak bayi dinyatakan negatif untuk ISK dan thalassemia. Aku udah siap-siap nangis aja benernya ngeliat itu bintang2, tapi walopun di bawa range kata dokter Windhi ini mah tipiss banget jadi ga berarti apa-apa. Bilang apa semua? Ho? Reeeeee...

Terus sempet nanya tes mantoux perlu apa enggak. Baru tau kalo ga bisa ya ujug2 tes mantoux gitu. Harus pake scoring dulu macam jawab pertanyaan seperti: demam sebulan penuh ga? Batuk ga? Ada kontak aktif ga? Kelenjar getah beningnya bengkak ga? Dll lupa apalagi. Kalopun tes mantouxnya positif tapi scoringnya negatif, kata dokternya there's nothing we can do. Ooooo begitu ya dok? Dokter pinter amat siiikk :*

Oia sempet diliat pake itungan genetis juga. Ditanyain TB ayahnya berapa, bundanya berapa. Trus diitungin (ga nanya rumusnya, lupa) harusnya Raka itu ada di percentile 25-50, yang berarti yaa masih kurang ya kakak.. Tapi dokternya bikin berbunga-bunga bilang "iya yah.. Padahal papa mamanya ini tingginya di atas rata-rata". Wait. Dok, boleh diulang ga kalimatnya? Jadi maksud dokter saya TINGGI dong? Really doc? Really? Baru sekali ini ada orang bilang beginih! Ai lop dokter Windhi lah pokona!!!

Oke, trus sampe mana tadi?

Jadi ya sarannya sih masi sama, pola makannya dibenerin. Sempet nanya apa susunya kurang? Karena Raka sehari paling pol banget 200ml, bisa lebih kalo ketemu Diamond Cokelat (yang rebutan sama emaknya). Kata budok gapapa kok, malah susu sih jangan banyak2 yang bener. Nanya juga apa cemilannya musti yang berat? Soalnya kalo males pan saya kasinya buah aja ini dok.. Kata budok juga ga harus, buah kaya akan serat dan vitamin, so go for it lah..

Jadi?

Intinya sih ya tetep berusaha ya, kasi makan yang banyak, yang bergiji. Yang sangat perlu diwaspadai kalo GC nya turun lagi, motong garis lagi. Kalo udah kejadian itu namanya berbahaya. Lha iya wong garis yang di bawah kurvanya sekarang udah garis paling mentoknya GC, wkwkwk.


As long as you're happy and healthy, baby! Kiss!

2 comments:

  1. gw kejut2 deh baca sharinglo. tapi Rakha (BT ga? huahaha) ga keliatan kurus ya. Kaysa dong kakinya bak galah. iba aku ibaaa.. gw pun kontrol terakhir sama dr Windhi dan baru tau dia sepinter itu ya. Kay disuruh main2 di dalam buat diliat milestonenya dah sampai mana. kece beraatt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Males deh shin ah bales komen lo hahahaha

      Raka pipinya mbul sih ya jadi ga keliatan kurus. Kalo ga pake baju tu keliatan deh punggungnya tulangnya nonjol gitu ihiks..

      Delete