Saturday, November 30, 2013

toilet training

Jauh sebelum beranak, 2 hal yang paling bikin horor adalah: toilet training dan pembicaraan seks dengan anak. Yang pertama, yaaa karena udah terbayang betapa kotor-jorok-kacaunya rumah pas ngajarin anak pipis dan pup. Pup is everywhere.. Jemur kasur yang kena ompol.. Jalan-jalan serba khawatir bakal pup di celana.. Mamaaaakkk atu tatuuuutt..

Kalo yang kedua, yaa karena.. Karena apa ya? Ga pede aja kalo anak nanya, gimana sih kok bisa2 ada adek di perut bunda? Ato.. Kok bunda lagi ga solat? Kok ayah solat terus? Mesti gimana aku kakakkk.. *brb daftar seminar Bu Elly

Anw, untuk toilet training sebenernya baru dijadwalkan pas umur 2 taun, setelah selesai disapih. Jadi santei sih sebenernya ya..

Tapi di suatu malam di bulan September, pas ganti clodi Raka tiba-tiba terlihat ujung p*nisnya merah karena kulitnya kebuka. Tetoot! Ada apa inih? Padahal tadi mandi sore masi gapapa kok. Anaknya sih ga nangis, cuman kalo dipegang ya meringis.



Yang pertama langsung kepikiran pasti ISK ya. Mana Raka kan 24 jam pake clodi+pampers. Tapi masak ISK ujug-ujug langsung merah gini sih? Jadi keputusan sementara sih merahnya karena kegesek clodi. Belakangan emang rada slebor sih sama clodi, udah ga pake cycle/ultraco lagi dan udah males nyuci sendiri. Dulu aku protektif banget sama si clodi, harus nyuci sendiri. Soalnya kalo nitip nyuci ke mbak suka banyak bener sabunnya dan meresnya pake otot banget.

Well karena anaknya baik-baik saja (dan karena emaknya males repot) akhirnya malem itu tetep pake pampers. Pun 2 hari sesudahnya masi full pampers karena kita lagi ke Bandung.

Besoknya lagi, pas hari Senin, dimulailah project paling akbar 2013: diaper free aka toilet training! Jengjeeeeengggg...!!! Aslik lebay karena malemnya beneran ga bisa tidur mikirin kekacauan yang akan timbul besok pagi. But life must go on kan seus..

Hari pertama, emang ya beneran kacau. Wong emaknya polos bener bukannya tiap setengah jam ngajak pipis, tapi cuman bilang 'kalau pipis bilang ya kak..'. Dimana anaknya lancar ngomong juga belum kaliii.. Jadi dalam 15 menit ada 3 celana kotor! Huidih. Mengkeret. Pake clodi lagi apa kita?

Tapi abis gitu udah lumayan lah jedanya. Sesiangan ada 5-6 kejadian, semuanya di celana wkwkwk. Karena cemen jam setengah 11 udah dipakein pampers lagi. Emang di awal2 kalo tidur masi pake diapers sih, aku belum rela kasur bau ompol. Bangun tidur siang copot lagi pampersnya. Jam 8 malem pake lagi. Daaaannn seterusnya sampe sebulanan.

Oia, kalo pergi-pergi masih full diapers. Ya maklum kan emak cemen. Itu carseat udah buduk masak mau diompolin juga.

Sampe dihadapkan pada target baru: tidur siang tanpa diaper *pukpuk kasur dulu. Hari pertama, kedua, ketiga, lancar. Mau pamer dong akuuu.. Trus ditabok hari keempatnya ngompol. Hauhahahaha. Sungguhlah jangan sombong kau wahai manusia..

Target tidur siang tercapai, jadi mari lanjut ke target berikutnya: pergi tanpa diapers. Buat latian dibawa dulu ke pasar, cuman setengah jam ini kan. Karena beberapa kali lancar, baiklah mari kita jalan-jalan beneran tanpa diapers! Asli ya, ini awalnya bikin deg-degan sepanjang jalan. Mana jakarte kan macet ya, yang rencana setengah jam nyampe bisa molooorrr sampe berjam-jam. Mata udah kelayapan panik nyari pom bensin mulu hahahahaha. Apalagi kalo anaknya udah bilang 'pipis..pipis..'. Mateeekkkk... Langsung dikasi mainan biar lupa :D

Alhamdulillah, tidak ada kejadian (sejauh ini) di mobil. Keep up that good work kid :*

Target terbesar selanjutnya tentu saja ya: bebas diapers saat tidur malam, untuk yang satu ini, nunggu dulu kiriman perlak Renatanya dateng. Belum siap aku beluuummmmm.. Mau ditatur malem-malem kok ya berat amat ya mau dijalanin. Ntar abis ditatur trus anaknya jadi melek seger repot kann.. Atau worse case-nya, ngamuk karena dibangunin tengah malem. Cemen ih ya belum nyoba udah takut duluan :))))

Doakan kami yaa semuanyaaa!!!

5 comments:

  1. waaah...
    kak raka hebat
    adek lintang baru siang aj gak pake diapers
    itupun kalo emaknya dirumah, malah full diapers
    moga semakin jago ya dalam dunia perpipisan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heh manggil kak koyok beda berapa taun ae..

      Aku belum berani ni pake TP tok plus perlak, masih bergantung pada pampers huhuhuhu

      Delete
  2. gw pun takut nieng. mau juga ah beli perlak renata. tapi kok gw beli alas ompol renata tetep merembes ya Nieng? jadi agak males juga kalau ujung2nya merembes ni perlak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo alas ompol kayaknya emang buat sekali pipis doang deh shin. Kalo perlak kan bahannya beda, emang nahan air sih. Tp btw gw gajadi renata ni, barangnya belum ada dan udah keburu pindah. Sprei waterproof deh kayaknya. Ato ga perlak biasa yg licin itu..kyukyuu..

      Delete