Thursday, November 21, 2013

bubur ayam kuning toddler friendly

Yaelah, bubur ayam aja di posting. Ketauan banget sih mau numpang narsis doang, hihihi.

Biarin deh ah.

Nama aslinya sebenernya cukup panjang: Bubur Ayam Bumbu Kuning Tanpa Kuah Toddler Friendly! Mantap yes?




Bubur ayam sendiri, sepanjang lidah sudah menjelajah (duile), yang paling cucok ada 2: Bubur Ayam BCA Kelapa gading (karena isinya rame) dan Bubur Ayam Zaenal Bandung (karena guriih banget buburnya). Sedangkan kalo mau masak bubur sendiri, syarat mutlaknya ada 2.

Pertama, pake rice cooker. Aku sudah tobat masak bubur pake kompor. Lamaaaa ajeeee sampe lebaran kuda baru mateng. Dulu pas Raka awal MPASI bikin bubur dari beras 2 sdm aja keringet dari banjir sampe kering saking lamanya. Sudahlah aku tak mau mengulang lagi. Pake rice cooker tinggal colok tunggu 2 jam bubur udah mateng.

Kedua, pake santan. Kalo pake kaldu ayam doang, nope. Gak nendang, ceu.

Nah yang satu ini toddler friendly karena ayam direbus trus dicincang alus. Jadi ga ada deh drama ngelepeh-lepeh daging ayam yang cuman disuwir doang. Yaa jadinya teksturnya jadi terlalu lembut sih buat dewasa.

Trus juga ga pake kuah karena ga terlalu suka bubur ayam berkuah. Trus juga cuman pake pelengkapnya bawang goreng soalnya dapur lagi sepii, hihi. Ga pake cakwe, karena yaa mau beli dimana pagi-pagi? Ga pake kerupuk karena tukang sayurnya belum lewat. Ga pake sambel, lha wong keyong itu ya, mau dibikinin sambel model apa juga tetep aja ngambilnya si dua belibis. Yoweslah, pake bawang goreng sama kasi kecap aja, udah sodap!

Bubur Ayam:

Bubur:

1 takar beras (itu loh, gelas takar bawaan rice cooker)
2 takar kaldu ayam
3 takar santan
2 lembar daun salam
1 lembar daun pandan
1 sdt garam, 1/2 sdt gula

Caranya, masukin semua ke rice cooker. Tinggal tidur. Mateng deh.

Ayam Kuning:

1/3 ekor ayam, rebus, cincang (dagingnya yaa, tulangnya sumbangin aja ke kucing tetangga)
1 daun bawang, iris
gula, garam, merica

Bumbu halus:

4 bawang merah
2 bawang putih
Kunyit 1 ruas
Ketumbar sedikiiitt
Kemiri 2 butir

Caranya? Tumis bumbu halus sampai harum mewangi, tambahkan ayam dan bumbu. Kasi air dikit atau kaldu biar nyemek2. Kalo rasanya udah pas, masukin daun bawang.


Udah, gampil kan?




Trus anak bayi gimana? Biasa aja tuuhh cenderung males makan malah, hauhahaha. Tapi kalo buat bundanya sih udah lumayan lahh.. Ketimbang harus jauh-jauh ke Bandung demi Zaenal kan..

3 comments:

  1. aduh Bun.. paragraf terakhir bikin hati melintir deh, sakit banget kalo inget emaknya udah usaha bikin seuuu..kreatips mungkin, tapi anaknya biasa aja en cenderung males makan :'(

    Gie pernah aku bikinin nasgor tapi tiap masuk mulut, kunyah, lepeh.. masuk, kunyah, lepeh.. -_-"
    dramaaaa bener deh! *lah koq jadi curhat ngomel2, hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fiiitttt kamu ga fokeus ke resepnya dehhh hauhahahaha

      Ah sudahlah kalo perGTMan udah rada kebal ini, ga mau makan ya udaaah.. Biar tau rasanya laper dan minta makan hihi

      Delete
  2. Mbak/teteh/eceu/kakak ningnung... saya tergodaaaaaaa banget nget nget ,, sama mangkok buburnya *eeeeehsalahfokus, hehehe...
    Becanda, itu buburnya bener2 bikin ngiler *nahloghnetesdeeeeh.
    Dakku pernah bikin di kompor. ampuuuun, udah mah lama, kurang aer, g enak pulak. Nggak kemakan jadinya...
    Mau nyobain resep nya agh,,, kkan pake rice cooker ttugh. Seems and sounds so AJIIIIB jugak..
    Eniwey, mangkoknya beli dmana ituh? *keukeuh

    Piiiiis.

    ReplyDelete