Wednesday, October 30, 2013

menghitung hari

Sebelum resmi weaning.

Sebulan ini Raka udah jarang banget nyusu. Awalnya memang sengaja dikurangin jatahnya jadi cuman 2x, pengantar tidur siang sama malem. Biar latian buat weaning gitu maksudnya. Sekalian biar  kali-kali makannya jadi lebih banyak. Ngamuk pasti ada ya, karena jatahnya dipotong. Tapi sengamuk-ngamuknya masi tolerable, 10-15 menit udahan. Biasanya sama keyong trus diajak minum susu di kulkas. Atau kasi mainan sikut mamaknya, bisa anteng.

Lama-lama makin jarang nyusu. Kalo pas wiken kan kita suka jalan-jalan, kalo pas jam tidurnya lagi di mobil, ya udah ga pake nyusu langsung mak-les aja. Trus jadi kebawa deh beberapa kali skip nyusu sebelum tidur. Keterusan sampe pagi, jadi sekarang udah ga ada ceritanya bangun di tengah tidur buat nyusu. Sekali2 kebangun ngak-ngek tapi kasi sikut tidur lagi.

Sekarang siklus nyusunya 2-3 hari sekali, hanya buat pengantar tidur malem.

Iihhh mamaknya enak doong? ENGGAK.

Karena aku belum ikhlas nyapih kalo belum dua tauuuunnnn..

Bukan, bukan ngejar gelar s1, s2, s3, es mambo ato es dongdong. Cuman kan kepingin ya memenuhi perintah di Al Quran yang bilangnya menyusui 2 taun. Walopun ga zilla-zilla banget, tapi soal persusuan buat anak ini memang agak idealis sih. Namanya 2 taun kan 24 bulan ya? Jadi pengennya entar aja nyapihnya setelah Raka ulang taun. Artinya masih 2 bulan lagi.

Tapi anaknya sendiri udah makin jarang minta-minta nyusu. Kalo udah bilang u-us, pasti sambil nunjuk-nunjuk kulkas, bukan nunjuk mamaknya. Ditawarin sih pasti mau ya.. But another problem is, ini nipple suakit buanget dipake nyusuin! Mungkin sensitif lagi hamil ato kegesek gigi ya, asoy banget lah rasanya. Dulu sakitnya pas awal-awal doang, tapi sekarang hampir selama nyusuin sakit. Yakalo nyusunya sebentar, kalo 15 menit kan mayan banget ceu..

Kayak hari minggu. Udah 2 hari anak ini ga nyusu. Udah kriyep-kriyep dan ga ada tanda-tanda minta susu. Gaswat. Setelah ditawarin berkali-kali akhirnya mau nyusu. Sodorin yang kiri, yang udah sebulanan sakit emang. Langsung dong.. MAKNYASSSS. Dududududu.. Sembari memandang suami di ujung kasur, siapa tau sakitnya kurangan.

Eh enggak. Lima menit masi sakit aja. Diliat anaknya udah merem-merem. Good. Sisipin jari dan copot nipple pelan-pelan.

Dan anaknya lalu melek. Terus tantrum.

Halo terrible two, ga asik deh situ :)

Super ngamuk super jejeritan super tendang-tendang. Kalo lagi ga hamil sih santei ya, tapi ini kan kesian kalo adiknya kena tendangan geledek. Mana Raka itu kalo ngamuk ga suka dipunggungin loh, kalo dipunggungin doi LONCAT biar posisinya balik lagi di depan kita. Untungnya ada Masterchef, jadi yang ada anak bayinya ngamuk, orangtuanya asik nonton. Bihihihi. Udahlah lah ya kalo lagi tantrum emang paling bener diemin aja. Ini kalo ada para eyangnya pasti keyong sama istrinya udah diusir deh nyuekin anak lagi ngamuk :)

Aniweeii, tantrum (sesi 2 hari itu, sesi 1-nya udah paginya) selesai setelah 50 menit. Abis itu bayinya bobok dan kami merayakan dengan nyemilin susu cokelat dan rambut nenek :)

Meskipun awalnya udah mau nyerah dan resmi weaning, tapi tampaknya mamaknya masi belum mau kalah. Gapapalah ya sakit dikit, ntar tinggal minta dibeliin Kitchen Aid sama keyong. Dua bulan lagi ya nak berenti nyusunya, together we can Can CAN do this!!!

8 comments:

  1. udah mau 2tahun ya raka udah gede :D lama gak mampir kesini

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya Ri, time flies bener deh :)

      Delete
  2. Samaan.. ak pun lagi mulai proses weaning jugak!

    Weaning emang perlahan ya ning, gak langsung jleb berenti, bra dikunci, kasih brotowali :D

    Eniwei rambut nenek apaan si? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooh ya Re, ga kebayang ternyata weaning harus sedrama ini *uhuk*

      rambut nenek tuh gula-gula gitu reee, kalo di SPM jualannya dijepit pake biskuit gitu jadi enak makannya ga berantakan :D

      Delete
  3. Ning, pengalaman gw Nursing While Pregnant jg penuh drama krn gw wktu hamil puting jg sensitif, sakiit banget banget klo dsusui.. klo mw nyusui&lepas puting itu sampe keringetan&komat kamit zikir saking tegangnya. Sampe nangis2 jg haha.. Tp blm tega weaning. Ada curhatannya di blog, posting terpanjang gw tuh haha.

    Akhirny bs bertahan sih sblm ke RS buat lahiran msh nyusuin Raka dlu.

    Semangat NWP-nya!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Chiii aku udah baca di blogmu.. Emang perih yaaa. Kali udah kering gitu ini persusuan jadi disedotnya makin kenceng dan makin sakit deh :(

      Aku masih 2 bulanan lagi niii.. Senengnya yaa Raka udah full 2 taun :*

      Delete
  4. rasa sakitnya sama ky pas pertama kali nyusuin ga? klo sama kebayang dah sakitnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dulu malah pas pertama nyusuin lempeng aja Dev, ga ada sakit2nya.

      Emang drama breastfeeding mah beda2 yaaa.. Sumangkaaaa!!!

      Delete