Wednesday, August 28, 2013

resep nasi goreng paling simpel dan enak

Hauhahahhaha.. judulnya enggak banget deh iniii..

Sebelum di ceritain resepnya, mau ngedongeng dulu yaa..

Nasi goreng emang makanan yang paling gampang ya dicari dimana-mana. Ga di pinggir jalan, di mal, di resto keren, suka ada menu nasi goreng. Dan biasanya kalo di resto-resto yang baru sekali dikunjungin, nasi goreng ini "menu aman" karena rasanya ga bakal aneh atau ajaib, yaa sesial-sialnya paling keasinan doang.


Kalo di jakarta, nasi goreng terenak ada di Sumur Batu, jalan Howitzer. Ya maap kalo ga ada yang tau, ini kos-kosan jaman dulu kala masi gadis ting-ting :) Nasi gorengnya tu bener-bener enak dengan bumbu bawang putih yang dominan, ada rasa-aroma smokey yang nyium baunya aja udah bikin keroncongan, plus nasinya ga terlalu kering dan pera, juga ga terlalu basah. It was just perfect. Jualnya di semacam toko beretalase yang sebenernya penampakannya agak-agak kurang meyakinkan. Judul warungnya aja ga ada. Tapi yaaa, rasanya itu bener-bener enak dan nampol. Bihun dan mie gorengnya juga enak, tapi favoritku tetep nasi gorengnya.

Semenjak kawin dan hengkang dari Sumur Batu, udah ga pernah lagi beli nasi goreng pujaan. Sampe beberapa bulan lalu pas malem-malem lewat Sumur Batu, kesempatan doong makan nasi goreng terenak ini. Dan begitu kita lewat warungnya.. Dhuueeerrr!!! UDAH TUTUP DAN GANTI JADI TOKO ROTI. I was like.. APPAAAHHH??? Kemana nasi gorengkuuu?? Kembalikan nasi goreng smokey bumbu bawang putih terenak di dunia iniiiiii *gerung-gerung*

Sampe sempet lewat lagi kapan hari dan memang si nasi goreng terenak sudah menghilang entah kemana. Ihiks.

Kalo di Surabaya, nasi goreng terenak justru ga dijual di warung nasi goreng. Loh kok?

Jadi di jaman kos Surabaya dulu, di sebelah tempat kos, di Jalan Tegal Mulyorejo Baru (TMB) ada warung yang sangat lehendaris bernama Warung Mak Ti (eerrr.. sebenernya aku lupa namanya, antara Mak Ti atau Mak Yem atau Mak Something.. tapi kayak2nya sih emang Mak Ti. Kalo ada yang inget kasi tau yaaa :p).

Warung Mak Ti ini jauh dari kesan mewah, tapi yang antri beli.. woohh mengular naga (lebai :p). Buat anak kos TMB atau anak Poltek ITS pasti banyak yang tau deh ini warung. Signature dish Mak Ti ini, kalo pagi adalah pecel super pedes dengan lauk ayam dan tempe goreng tepung, tentunya pake peyek karena bukan pecel namanya kalo ga pake peyek :) Porsi nasinya buanyuaakk. Semua dengan harga 4500 saja (at that time). Kalo dulu pas uang udah seret, sekali beli di Mak Ti ini bisa buat 2x makan karena emang jumbo banget porsinya. Hihihi, kesian amat deeehh anak kos..

Kalo sore, menunya Mak Ti beda lagi. Sayur lodeh atau sayur santan lainnya (isinya ganti-ganti), dengan lauk masih setia yaitu ayam dan tempe tepung. Kadang ada telor dadar juga. Peyek juga masih ada.

Nah, kadang kalo lagi ga mood makan lodeh, kita anak-anak sekosan biasa minta Mak Ti bikinin nasi goreng. Yes, nasi goreng emang ga ada di list menu Mak Ti, tapi belio mau bikinin asalkan minimal ada 5 orang yang mau beli. Nasi gorengnya itu yaaa... hmmm.. sedep banget dan super pedes. Gurihnya pass banget. Makanya kita penasaran banget, jadi nanya-nanya Mak Ti, apa resep nasi goreng belio.

Ternyata ya, resepnya itu SANGAT SEDERHANA SEKALI, tanpa bahan-bahan yang aneh, dan mostly bumbu-bumbunya itu ada semua di dapur. Jadi ga perlu beli bumbu macem-macem untuk bisa bikin nasi goreng seenak bikinan Mak Ti. Nah, resep nasi goreng warisan Mak Ti inilah yang selalu jadi andelan kalo bikin di rumah. Paling sedep dan wangi kalo pake cabe rawit, tapi kalo ga ada pake cabe merah/cabe keriting juga gapapa. Kalo pake cabe rawit doang warnanya emang kurang gahar, tapi percayalah rasanya cetaaarrrr menampaaaarrrrrrr...

Nasi Goreng Mak Ti

2 porsi nasi putih
2 telur
garam gula secukupnya (kira-kira aja, mending kasi dikit dulu daripada keasinan)

Bumbu (ulek halus, jangan pake blender ya, kurang sedep):
5 bawang merah
3 bawang putih
2 cabe rawit ato sesuai selera


Tuh kan? Simpel banget kan??

Caranya ya biasa aja, panaskan minyak dan tumis bumbu halus dan gulgar. Tips rahasia dari Mak Ti adalah: numis bumbunya harus yang lama, sampe bumbunya tanak, matang, dan super wangi. Jangan cuman srang-sreng doang, dijamin nasi gorengnya kurang enak. Makanya numis bumbunya pake api keciiilll sambil diaduk-aduk biar ga gosyong. Kalo warnanya udah berubah, minyaknya udah jadi bening, aromanya udah wangi banget (kira-kira 5-7 menit numisnya) baru tambahin telur.

Wajannya dimiringin dulu, sisihkan bumbu ke atas sisi miring (duh, gimana sih jelasinnya), trus ceplokin telur ke bawah sisi miring, orak arik sampe telurnya mateng. Ribet ya? Pokoknya begini deh kira-kira:


Kalo telurnya udah mateng, masukin nasi, kecilin api, trus aduk semua sampe rata dan nasinya tanak.

Udah deh, nasi goreng enak-gurih-pedas siap dimakan buat sarapan :)

Karena kemarin isi kulkas sepi ga ada daging, ayam, sosis, bakso, bacon, jadi buat temen nasi goreng bikinin onion ring aja. Kayak kerupuk gitu deh jadinya renyah-renyah gurih.



Gimana? Gampang? Ayo bikiiiinnnn..

5 comments:

  1. tengkyu niieeng resepnya :D
    will try it soon!

    aku bukan penggemar nasi goreng karena belum nemu nasi goreng yang maknyus nii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mii.. Bumbunya banyakin biar lebih maknyus dan numisnya yang super duper lama :)

      Delete
  2. Laaah,,ini mah sama kaya nasi gorengku...hihihi

    ReplyDelete
  3. Mbak Naniiing ijin save resepnya :D
    Walah kok jaman aku nang ITS iso gak eruh Mak Ti
    T___T kemana ajaaa akuuuhhhh

    BTW makasi yeee resepnya :D

    ReplyDelete