Tuesday, June 11, 2013

so-called bonchon chicken

Siapa di sini yang suka bonchooonnn??

Apaaa? Ga sukaa? Ihhh aneh deh kamu..

:))

Bonchon, meskipun ga bisa menggeser KFC dari puncak klasemen teratas, is my newest fave fried chicken. Waktu tinggal di MOI enak, tinggal bersin udah nyampe otletnya. Sekarang ga tau deh otlet bonchon paling deket dimana

Besides, harganya rada mahal. Waktu pertama kali beli, karena judulnya nyicip, jadi ga berasa mahal. Trus pamer lah ke keyong, jadi kita delivery dan beli banyak. NAH KOK MAHAL yak? hihihihi.
Yah sudahlah, emang harus nyoba bikin sendiri deh.

Resepnya banyak macem di internet. Seperti biasa, pilih yang paling gampang dan murah. Kalo musti beli cuka apel segala cuman buat resep ini doang males banget. Yang membedakan (caelaaa) ayamnya aku marinade dulu semalem biar ga anyep rasanya. Baru digoreng dua kali biar lebih renyah. Yes, you read me, dua kali bok ngegorengnya. Lemak jahat? Kolesterol? Once in a month lahhh :))

So here we go!

Chicken ala Bonchon

500 gram ayam, potong-potong

perendam, aduk rata:

1/2 sdt garam
1/4 sdt gula
1 sdm jeruk nipis
1/2 sdt merica (i used blackpepper)
1 sdt garlic powder

Lumurkan bumbu perendam ke seluruh bagian ayam, lalu simpan di lemari es semaleman.
Besoknya, gulirkan ayam ke adonan tepung sampe rata. Kalo aku, campuran tepung masukin plastik, masukin potongan ayam, trus.. goyaaaanggg beybiiii..

Adonan tepung:

4 sdm tepung terigu
2 sdm tepung beras (bisa pake maizena)
1/2 sdt garam
1/4 sdt gula
1/2 sdt merica

Kalo udah, goreng ayam sampai matang. Kalau mau renyah gorengnya dua kali. Kalo mau biasa aja dan kalo males lama-lama kepanasan di dapur, sekali aja juga ga dosa.

Nah, sembari ngegoreng ayam, yuk mari bikin sausnya.

Bahan Saus:
1/2 bawang bombay, cincang
3 bawang putih, cincang
1 cm jahe, geprek
1 buah tomat, parut
2 sdm madu
1 sdm air jeruk lemon
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica
1/2 sdt gula
air 50 ml (more or less, to your liking aja)

Tumis bawang dan jahe sampai harum. Masukkan tomat parut. Masak sampe tomat matang benar dan kental. Masukkan semua sisa bahan, icip. Kurang manis tambahin madu. Kurang asem tambahin air jeruk. Kurang sedep tambahin trio garam-gula-merica. Kurang banyak bikin aja lagi.

Kalo udah, ayam goreng yang udah mateng tinggal diolesin saus. Aku olesin pake kuas biar bawang2nya ga ikutan. Kan ceritanya penampilannya mau ngikutin bonchon juga kitaaa..

Nih, kayak gini nih. Mirip ga?

4 comments:

  1. iyaaaaaa.. enak bener tuh, lemparin sini satu piring *hap*

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho-oh bun, ini KW 7-nya aja enak kok :D

      Delete
  2. aaak must try. enak ini ning. terus anak bayi makan ga ning? Kay belum bisa lho makan daging ayam bentuk gini. kalau daging2an masih diblender? tapi makan lain yg kasar mah hayok asal bukan daging2an.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak bayi ga bisa shin, paling kasi kulit aja kalo ayam begini. Kalo daging malah lebih susah, dibikin meatball aja masih dilepeh2. Ya sudahlah memang jatah bayi makan tahu tempe aja deh, hihihi..

      Delete