Tuesday, May 7, 2013

rose pau


Mestinya judulnya mawar mbleber :D





Setelah jumat malam menjadi malam paling nestapa karena nyoba bikin homemade sosis, sabtu pagi pingin masak yang cantek-cantek biar mengembalikan semangat ngedapur. Pertama liat resep ini langsung ooohh--aaahhh--wiihhh.. alias pengen langsung bikin. Lagian bikin bentuknya jadi kayak mawar keliatannya ga susah, cuman butuh telaten aja karena laaammaaaaaaaaaaaa dan paaannjaaangggg.. Belum lagi diinterupsi ada anak bayi yang mau nenen atau dikelonin. Anak bayinya juga dikaryakan ikut bantuin, dalam artian: ngacak-ngacak tepung, nyolek adonan mentah (dan dimakan), sampe ribut ndulit selai stroberinya berkali-kali.

Adonannya lil bit sticky, jadi dipakein tepung banyak-banyak buat ngebentuknya. Tuh masih keliatan juga "bedak" tepungnya abis mateng. Ngasi isian selainya juga masih belepotan jadi begitu mateng bleberan kemana-mana. Kalo bahan isinya lebih firm kayak kacang hijau, kacang merah, atau unti, bisa lebih cakep deh ga bleberan. Tapi lagi males bikin adonan isi macem-macem jadi kasi aja selai stroberi. Di tengah jalan baru inget, harusnya selainya di masukin freezer bentar ya biar lebih firm, tapi udah nanggung separo jalan. Jadi yaa.. sudahlah :)

Nyontek resepnya dari blog ini. Plek ketiplek, ga pake modif apapun. Maunya air diganti susu UHT tapi ntar malah warna ungunya kurang keluar, jadi niat dibatalkan. Hasil akhirnya sih.. errr.. gitu deh :) Ibarat terbentang ribuan samudera alias jauh banget! Hahahaha.

Here we go!

Purple Rose Pau

250 gram ubi ungu, kukus dan haluskan (bisa sih pake ubi kuning, ubi merah, ubi cilembu.. tapi ga jadi purple dong namanya yaa)
100 ml air
11 gram (1 bungkus) fermipan
500 gram tepung protein rendah (kunci biru)
100 gram gula
1 sdt baking powder
1/4 sdt garam
50 gram minyak


Campur ubi dengan air sampai rata, tambahkan ragi instan. Masukkan terigu, gula, dan baking powder. Uleni sampai rata. Setelah rata campurkan minyak dan garam, uleni sampai adonan kalis dan tidak lengket. Kalo terlalu lengket tambahin aja terigu sedikit. Kalau sudah kalis, simpan di wadah dan tutup dengan serbet lembab, diamkan sejam.

Sambil nunggu disaranin untuk tidur, biar punya semangat dan energi yang cukup untuk ngebentuk adonan :))

Setelah sejam, adonan udah mengembang, tinju untuk mengeluarkan udara. Uleni lagi sebentar, lalu siap deh dibentuk. Kalo yang males ngebentuk-bentuk bisa bikin aja bulet biasa. Tapi ga ada tantangannya doongg.. Jadi mari kita bentuk jadi bunga mawar:



Metode yang aku pakai lebih simple, karena cuman pake 5 stack dan ga pake acara penyet-penyet pinggirannya (dibaca: m a l e s s s s)

1. Bentuk adonan menjadi bulatan sebesar duku (around 15 gram)
2. Gilas bulatan hingga pipih. Harusnya sih bentuknya bulat.. tapi ternyata tak seindah bayangan, susah jek! Jadi nampaklah punyaku bentuknya tak beraturan. Lalu susun 5 bulatan seperti gambar.
3. Taruh adonan isi di bagian bawah
4. Gulung bagian bawah agar adonan isi tertutup adonan pau. Harapannya sih biar isinya ga mbleber, walaupun seringkali kenyataan tak seindah harapan
5. Gulung sampai habis
6. Dengan menggunakan tusuk sate/sumpit, belah di tengah

Jadi dehh kayak begini:



Agak mletot dikit dimaafkan kok, kan ceritanya bunga mawarnya tertiup angin badai.


Istirahatkan lagi for another 30 mins. Lalu kukus selama 10-12 menit.

Nyaamm! Selamat makaann!

14 comments:

  1. rajin banget nih si emak satu ini :D kirim dongggg

    ReplyDelete
    Replies
    1. kirim gambar aja gimana? :p

      bumil bikin ndiriii dongg..

      Delete
  2. bener cil, dia semakin membahana di dunia perdapuran ;)

    ReplyDelete
  3. wih suhuuu... makin hari makin kece! *sungkem* bhahahahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. percayalah re.. i am not that good kok hahahah..

      Delete
  4. ning, foto terakhirnya cakeeep..
    *iri sama emak kreatip inih :D
    huaahhahahaaa..

    << mundur dari dapur kalo masalah bikin rose pau :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. fit, bikinlah buat si agie.. bikin bulet biasa aja kalo ga.. raka kemaren doyaann nyemilin ini

      Delete
    2. nyoba si bakpao dulu lah ning, xixixi..

      Delete
    3. ini juga bakpau fitaaa.. dibanding bakpau yang pertama, adonan kulitnya empukan yang ini fit

      Delete
    4. bakpao standar (bulet) maksudnya ning, yang ini gak kuat deh rasanya kalo pas ngebentuknya, xixixi..

      do'a kan aku sekseis yaa ning :D

      Delete
  5. kalau buat makanan modern mah lumayan gampang mba, kebetulan hobby masak sih :)
    tapi coba buat menu tradisional, kaya gudeg, rawon, dsb pasti lebih berkesan deh, kalau udah jadi #pengalaman :)

    ReplyDelete
  6. ada lagi nih yg enyak2..nyam nyam..
    mak tetanggaan yuk biar kecipratan icip2, hahhaa..

    betewe, resep martabak anti gagal nyah menjadi inspirasi postingan resep di blog ku, hihihi :D

    ReplyDelete
  7. Ning nanya dong, itu selai stroberinya dicampur sama apa ya? ko bisa bulet2 gitu ngebentuknya?

    ReplyDelete