Wednesday, April 17, 2013

weekend project: bakpau

Sabtu: puding panas roti tawar, sup ayam, tempe penyet, puding bayam, bakpau
Minggu: siomay tok, trus ke rumah mertua ngembat makanan

Sounds cool? not really!!

Karena ada drama kepleset bawa oven.. zzz..


Jadi kan bikin puding roti itu pake teknik au bain marie, ituuhh yang manggangnya direndem pake loyang isi air. Manggangnya no worries, hasilnya juga enak.. But after that, beresin ovennya berujung derita

Jadi kan oven listriknya aku tancepin (?) di lantai, di deket kulkas. Pas beresinnya mau masukin lagi ke lemari, aselik lupa banget deh di dalemnya kan masi ada loyang+berisi air+uap-uap air+embun bertetesan.. Main di angkat aja deh. Netes semua deh airnyaaa...

DHUAARRRRR!!! Sambil jatuh tertimpa oven.

Mana ini p*nt*t semilimeter aja dagingnya kan. Ngilu deh suwer.

Tapi apakah semangat memasak surut?? Oh tentuuuu tidaaaakkkk :))

Setelah menangis di pelukan suami (yang kemudian berkomentar: "udahlah bun, ini pertanda kamu ga boleh masak.." - so supporting deh kamu yong!), semangat membahana lagi. Lagian udah beli tepung tangmien gitu masak gagal sih bikin bakpaunyaa..

Ohiya drama sebenernya sudah dimulai sejak dinihari, dipicu kacang ijo yang ternyata kalo dimasak pake takahi 7 jam itu GUOSONG banget lohhh.. hahahaha.. Yakaliii dikirain masi oke, ternyata udah nyaris menghitam. Tapi alhamdulillah rasanya masi oke, jadi ga gosong lah ya.. Caramelized aja disebutnya :))

Ngukus bakpaunya juga rada pe-er karena kukusan steam it kan mini banget ya mak. Jadi ada 4batch kukusan. So much time and gas consuming.

Resep ini jadinya 23 bakpau: 2 diembat koki yang kelaperan, 2 dibawa pulang tukang kebun, 3 disemutin parah sampe tak terselamatkan (tega kamu, mut..) dan sisanya masuk ke perut2 kelaparan orang serumah dan sekitarnya.

Here we go! (resep dari sini)

Bakpau Isi Kacang Hijau Terkaramelisasi (aka gosong)

400 gram tepung Kunci Biru (protein rendah)
100 gram tepung tangmien (supaya bakpau lebih putih - kalo ga ada pake Kunci Biru juga)
1 bungkus fermipan
100 gram gula halus (atau gula pasir juga gapapa)
1 sdt baking powder
200 ml susu UHT dingin
70 gram blueband (harusnya mentega putih, tapi ga punya)
1 sdt garam

Campur tepung, fermipan, gula, dan baking powder. Tuangkan susu UHT dingin, aduk sampai tercampur dan kalis. Tambahkan blueband dan garam, uleni sampai elastis. Inget ya mak-emak, garam harus ditambahkan terakhir karena kalau di awal bisa mengganggu proses berkembangnya si ragi/fermipan. Jadi ceritanya musuhan gitu deh fermipan sama si garam ini, jadi pada males deket-deketan #penting.

Kalau adonan sudah elastis, bentuk bulat seukuran bola pingpong. Tunggu 30 menit ya, bisa ditinggal ngelonin bayi, atau bikin adonan isi. Caranya:

150 gram kacang hijau, rebus, haluskan. Masak dengan 100 ml susu UHT dan gula pasir secukupnya (ga nakar, sesuai selera aja). Aduk sampe kental banget, Udah deh.

Ambil 1 adonan kulit, isi dengan adonan isi (ishh ga efektif banget kalimatnya, ya jelas lah isi dengan adonan isi, masak isi dengan adonan kulit? atau isi dengan adonan bukan isi?). Bulatkan kembali, alasi daun pisang, kukus deh 20 menit.

Bakpau hangat siap dicaplok. Haaummmm!!!




No comments:

Post a Comment