Tuesday, April 2, 2013

super fluffy pancake

Recently i am a big fan of yoghurt

Karena (i) anak bayi doyan banget (ii) bisa bikin pancake jadi supeeerr fluffyyy..

Beberapa kali nyoba resep pancake yang katanya pas, katanya mantab, katanya endeus, tapi kok ga sreg ya. Belum ada yang sampe bikin Raka mangap2 minta disuapin terus. Jadi pe-er bunda doong nyari resep pancake yang enak.


Sering baca kalo pancake pake yoghurt atau buttermilk niscaya akan fluffy dan empuk. Tapi tertahan mulu mau bikin soalnya khawatir rasa penkek bakal asem2 ga jelas. Tapi ternyata? Ga asem samsek lohh iniii.. Entah kemana perginya si rasa asem khas yoghurt, totally turns great and (again) fluffy :))

Resepnya dari tasteofhome.com dengan sedikit modifikasi takaran karena stok yoghurt di rumah cuman 1 cup. Ini beli juga awalnya mau bikin bola-bola misoa, tapi asa ribet bener mau bikinnya, ya udah dweh kita bikin jadi pancake aja:

1/2 cup terigu (segitiga biru)
1/8 sdt baking soda
1/4 sdt baking powder
1 sdm peres gula pasir
100 ml yoghurt plain
1 butir telur

How? Campurkan terigu, baking soda, baking powder dan gula pasir. Aduk rata. Di wadah lain aduk rata yoghurt dan telur, lalu tuangkan ke campuran terigu. Aduk.

Udah deh, tinggal dimasak di pan. Simpel kaannn.. Kemaren bikin aku tambahin sedikit air karena takut terlalu kental. Eh ternyata malah keenceran jadinya, so better ga usah ditambah air.

Masaknya juga pake api kecil aja yah soalnya gampang gosyong. Itu poto nampak kurang jelas soalnya gimana caranya biar yang gosyong ga keliatan heheu..

Toppingnya pake stroberi diblender kasar dan dimasak bentar sama sedikit gula pasir. Semriwing asem-asem seger gitu :))

Anak bayi gimana? Suka bangetttt diaa.. Mangap hap hap haapppp :))

8 comments:

  1. Kalo resepku ini,ning:
    1 butir telur
    250 ml susu ultramilk kotak biru
    1 sendok mentega, cairkan
    baking powder secukupnya
    vanilla secukupnya

    : Telur dikocok pake whisk balloon, terus kocok lagi bersama mentega yg dicarikan, masuk bahas selanjutnya sampe tingkat kecairannya dirasa pas. panasin teflon, tuang deh (takarannya pake sendok sop).

    hasilnya: 6 x sukses lembut bak pancake asli setalah percobaan pertama pancakenya berpori kayak martabak

    Kapan2 ku posting rupa aslinya ya :D

    *foto yg gagalnya udah kebuang keknya*

    ReplyDelete
  2. mbak putri, resep diatas tepungnya berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di colek devi-nya biar bales :))

      Delete
  3. eh klo ak gak punya cup takaran, bisa gak pake gelas belimbing? samakah ukurannya? hihihihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ummm.. kalo 1 cup itu 240ml/128 gram terigu bun, beda ato sama tuh? wkwkwk.. nabung hyuukk beli timbangan digital :))

      Delete