Monday, April 29, 2013

baru tau kalau..

(i) berat badan anak itu mencerminkan status gizinya saat ini, dan kalau tinggi/panjang badan itu mencerminkan status gizinya masa lalu. Jadi kalau anak tingginya masi belum sesuai grafik normal, means that masa lalunya ada sejarah kebutuhan gizinya tidak terpenuhi secara optimal. Nah gimana dong ngejar ketertinggalan gizi yang kemaren ituu? Tenaaang.. buat anak ada namanya catch up growth, yang penting kebutuhan kalorinya musti optimal.


(ii) jangan gampang bilang "kan bapak ibunya kurusss.. yah wajar dong anaknya kurus" --> aku banjet! Karena berat badan dan tinggi badan anak itu, 99% ditentukan dari pemenuhan gizinya dan 1% baru genetik.  Kecuali kalo udah ngerasa maksimal menuhin gizi anaknya, baru deh boleh komen semacam tersebut di atas.

(iii) menentukan status gizi (dan berlanjut ke menghitung kebutuhan kalori anak) ga bisa loh buibuuu pake patokan berat badan aja. Malah memulainya dari tinggi/panjang badan. Petakan tinggi/panjang badan anak sekarang, tarik ke garis ijo, nah ketemunya di umur berapa tuh? Let say umur X. Lanjut pindah ke grafik berat badan, di umur X berapa berat badan yang ideal/garis ijo? Nah itulah yang jadi patokan kebutuhan kalori si anak. Tiap kg berat badan anak (1-3 tahun) butuhnya 110-120 kcal ya mak.. Sok atuh diitung pake kalkulator.

Ini oleh-oleh dari workshop gizinya @mamakokihandal. Kalo gak salah inget yak, terutama yang poin (iii). Hihi ya maap, udah rada-rada gampang lupa, maklum faktor *tiiitt* *samar-samar menghilang*..

5 comments:

  1. Jadi inget, putranya pak habibie&bu Ainun juga kan bongsor2 badannya.

    Ehya bund,itu gizi masa lalu maksudnya pas dia masih di dalam kandungan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pas di kandungan bisa jadi iya ya, kemarin sih dibilangnya mas masa kecil gitu sih..

      Delete
    2. pas masa kecil maksutnyaa.. hadeeuhh lieur :DDD

      Delete
  2. nieng ga mudeng poin nomor 3. narik2nya gimana sik maksudnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belibet ya gw nulisnya wkwk

      kasi contoh anakku aja ya: usia 15bulan, panjang badan 76cm. plot ke grafik panjang badan, 76cm itu panjang badan ideal (garis ijo) usia 13 bulan. sekarang bawa usia 13bulan ke grafik berat badan, plot berat badan ideal (garis ijo) --> ketemu 9.5kg (kalo ga salah ya). Nah berat inilah yang dipake buat ngitung kebutuhan kalori, meskipun berat anaknya sekarang (current) ga segitu

      Delete