Monday, April 29, 2013

apple pie!

Ini namanya ga sadar diri, wong hasilnya gosong kok tetep pede dipajang di blog.

Abis gimana dong, aku bangga bisa bikin apple pie.. hihi.. terlepas dari hasilnya yang.. yaa gosong :|


But i have to admit that this pie crust recipe is soo delicious! Buttery, flaky, crunchy, enak deh pokoknya. Sempet mikir bakalan gagal soalnya kemarin adonan kulit/crust nya terlalu basah. Mana ngaduk kulit pie pake garpu itu ga gampang neik ternyata. Asa masih mrengkel-mrengkel butternya, tapi mau diaduk lagi katanya ga boleh lama-lama ngaduk kulit pie. Halah ribet bener deh. Udah pasrah kalopun kulitnya ga enak, paling ga pie fillingnya masih bisa dimakan. Sebenernya kalo mau modal dikit (pake pie blender) atau modal banyak (pake food processor) bikin kulit pie bisa lebih gampang. Tapi gimana ya, kalo mental medit emang susah, maunya ga modal apa-apa tapi jadinya enak :DDD

Resep apple pie nya dari joyofbaking.com. Plek ketiplek makplek. Soal hasil akhir sih beda yaa.. jauuuhhhh banget hahaha. Let me tell u kalo ngegiling kulit pie supaya jadi mulus itu perlu intelegensia tingkat tinggi. Apalagi kalo adonannya terlalu basah. Wuiihh einstein aja pasti susah kok, apalagi akyuuu. Alhasil penampakannya, like a said in my tweet, looks like a nightmare.

Tapi walopun ala nightmare dan gosong pula, kalo abis dalam jangka waktu kurang dari 24jam, berarti emang enak bukan sih? (mengabaikan fakta ada suami yang segala makanan bentuk dan rasa apapun pasti diembat)

Resep dan videonya liat aja di sini ya, males aja nulisin lagi. Kemarin pakenya apel fuji jumbo-jumbo 5 biji. Butternya pake orchid, pas banget 1 kotaknya sesuai takaran resep.

Kalo mau bikin, pastikan adonan crust nya menutup filling dengan sempurna, biar fillingnya ga jadi meler kemana-mana apalagi sampe jatuh ke dasar oven dan bikin bau gosong kemana-mana *curhat. Kalo crustnya terlalu basah dan ngegilingnya ga pinter/mletat-mletot, kemungkinan besar banget crustnya ga menutup sempurna.

Ish, ini sih sebenernya lebih ke edisi curhat gagal masak ya? Tapi aku belum kapok loh pie, suatu hari akan aku taklukkan dirimu.

Biar ikutan nightmare juga, sini aku kasi gambarnya:




5 comments:

  1. Replies
    1. aahh lomii.. komenmu penyejuk hatiku :*

      Delete
  2. Eh bun, ak yo pingin. Bagi napah klo abis praktek bikin kuweh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagi dulu martabakmu baru aku bagih pie kuh :DDD

      Delete
  3. jadi inget sama temanku yang maniak banget sama apple pie
    begitu dia pindah kerja di pedalaman, yang paling dia rindukan tuh apple pie. hahahhaaa...

    ReplyDelete