Wednesday, March 13, 2013

donat ala yeko

Sebenernya all time fave doughnut adalah yeko yang sugar glazed. Apa yah namanya? Pokonya yang kalo beli minuman dapetnya yang ini. Not too sweet, but just perfect. Nah tapi semenjak sertifikat halalnya dipertanyakan, jadi ga pernah jajan di yeko lagi. Melipir ke dankin, tapi ga ada yang model sugar glazed gitu.

Trus dipicu suatu malem nitip keyong terigu karena mau bikin muffin. Lalu muncul diskusi berikut:

K: Bun adanya terigu cakra kembar
M: Ga yang, cari yang segitiga biru
K: Ga ada Bun
M: Coba cari lah, segitiga biru
K: Ga adaa, ada nih tepung beras tepung ketan tepung tapioka tepung gula
M: Segitiga biru ga ada?? *untuk yang ke 563 kalinya*
K: GA ADA *untuk yang ke 590 kalinya*
M: Ya udah cakra kembar aja


Ternyata sisa segitiga biru yang di rumah masi cukup buat bikin muffinnya. Jadi punya sekilo cakra kembar nganggur nih di rumah. Di metromini sepanjang perjalanan ngantor tiba-tiba terngiang si glazed donat. Aaakkk bikin enak nih!

Sengaja nyari resep bulai karena mereka seringnya pake cup, di rumah pakenya cup, ga ada timbangan. Kenapa? Ya karena harga timbangan digital jauuuuuhhh lebih mahal daripada measuring cup! Di ace pas diskon bisa dapet 30rb-an aja loh :)) Etapi ga sreg sama resepnya bulai, kalo resep dasarnya glazed sih dapet. Ya sudah, balik ke produk lokal dan menemukan resep disini, let's cook the doughnuts!

Resepnya dimodifikasi dikit dengan berguru pada tabel konversi gram ke cup. Resep glaze nya nyontek dari sana sini trus modif pake takaran kira2.

Bahan Donat:
3.5 cup cakra kembar
1 cup segitiga biru
6 gram fermipan
5 gram garam
1/2 cup gula pasir
3 kuning telur
90 ml susu
180 ml air
1/4 cup mentega (blue band)

Bahan Glaze:
110 ml susu
2 sdm butter (orchid/anchor lupa yang mana tadi)
100 gram gula halus (satu pak 300gram, tadi kira2 pake 1/3nya)
Sedikit kayumanis bubuk

Donat:
Campur semua bahan kering. Masukkan telur, susu, air. Masukin airnya dikit2 aja sampe adonan kalis ya. Tambahkan mentega, uleni sampe kalis dan elastis. Ga punya mixer, jadi mayan lah pagi2 berotot ngulenin, mana tangan lagi canthengan *masi jaman ya penyakit ini*. Kalo udah istirahatkan adonan, tutup pake serbet lembab, tunggu 1 jam. Kalo udah, bentuk bulat dan buat lubang di tengah. Diamkan lagi 10 menit, goreng.

Glaze:
Didihkan susu dan butter. Masukkan gula dan kayumanis. Masak sebentar. Ini teksturnya cair ya, ga kentel. Kalo mau bikin kentel masaknya lamaan dikit.

Celupkan donat ke dalam glaze, dua sisi yah biar mantep. Karena glazenya masi sisa, dimasak lagi sampe kentel banget trus disiram-siram deh di atas donat. Nyammm! I am so ready to eat them all!






Notes:
(i) adonan donat pas digoreng cepet mateng loh, jadi jangan sambil di sambi twitteran ntar gosyong. Api kecil dan minyak panas, wud be perfect.
(ii) pas bentukin jadi bentuk donat, jangan gede2 soalnya abis gitu doi masi ngembang bok, digoreng tambah ngembang lagi. Kata bokap ini super donat soalnya geday sangat :DD
(iii) based on point (i) gorengnya jangan kelamaan ntar bagian dalemnya jadi crispy/keras and trust me, u don't want them to be like that :)

selamat hari donat sedunia!!


12 comments:

  1. tolong kirim ke rumah neneknya Agie 1lusin yaa 'Bun.. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minimal order 5 lusin mak, gmn?? Wkwkwkwk

      Delete
  2. waduh banyak banget donatnya, bagiiiiiiiiiii :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu jadi 12 donat raksasa ree.. Kalo ukurannya dikecilin bisa 20an kayaknya, hihihi

      Delete
  3. astaga ini donat bikin ngeces sumpah deh ...ces ces...

    ReplyDelete
  4. aduuuuh,,,ngileeeer...
    ntar bikin ah.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ta, ada resep versi lain yg lebih enak, tungguin yaa heheu

      Delete
  5. Itu donatnya enak, manis banget. aku kalau makan itu ya paling gulanya doang. :))

    ReplyDelete