Monday, February 11, 2013

mencoba RUM

Wiken yang mengguncang keteguhan jiwa raga.

Kamis malam diawali dengan anak bayi yang masih kinclong dan segerbuger. Jam 11 malem, entah insting entah mejik, megang tangan-jidat-kaki bayi. Astaga, panas. Bangunin belahan hati "Ayah, panas ini Yah." Si Ayah ikut kaget "Astaga Bun".

Tapi si bayi pules. Jadi kami ikut kembali pules.



Jam setengah dua bangun lagi. Makin panas. Bayi akhirnya melek. Tenang tapi doi. Karena masih separuh sadar kali ya jadi belum ngeh.

Pertolongan pertama pada panas dilancarkan. Skin to skin. Buka baju sendiri. Lalu buka baju bayi. Disinilah drama dimulai. Anak bayi rewelllll.. Nangis dan memberontak. Kenapa Nak? Dada bunda kan hangat? Ayahmu aja suka *eh*

Gagal deh skin to skin. Gendong-gendong, timang-timang, ah tak berhasil. Ya sudah mari jurus pamungkas, nyusu.

Tapi tentu bayi tidur tak tenang. Bolak balik nyusu. Panas juga ga turun. Jadi harus segera diambil keputusan: BOLOS. Belum punya cuti, jek. Mata udah mulai menitik, tapi masih gagah berani lah. Kusiap hadapi apapun deh.

Pagi-pagi keyong udah ngabur ke apotek beli tempra drops. Harapannya sih, buat jaga-jaga aja, ga perlu dikasihin. Anak bayi mandi air anget, nyusu. Makan cuman pear parut. Baru pertama kalinya loh, aku ga nge-rese-in doi soal porsi makannya. Apapun lah suka-suka kamu Nak, asal sembuh. Lagian kalo ga enak badan kan semua orang juga pada males makan. Pasti doi lebih prefer nyusu.

Seharian nempeell terus ga mau turun. Mana ini anak bayi yang biasa sliweran ga mau diem sambil babbling ga bisa berentiiii?? Mana yang biasanya suka manjat-manjat meja kursi lemari mesin cuciiii??

Pertahanan mulai goyah. Kasih lah tempra. Kasi pake pipet. Sukses disembur! Doi ga suka deh ama pipet. Jaman masih minum Ferris aja, tiap liat pipet Ferris doi langsung mau muntah loh.

Akhirnya diencerin, kasi pake sendok. Lumayan masuk. Dan efeknya langsung berasa, panasnya berangsur turun. Udah mulai mau maen. Tapi ya kondisi mah ga bisa boong ya. Tiap jalan: pelan-pelan, gemeteran, kadang trus duduk karena lemas. Ah anakku, udah mulai mewek disini.

Lepas siang, panas lagi. Panas banget. Tiga sembilan koma enam. Padahal termometerku punya riwayat suhunya ga akurat alias lebih rendah. Nah, berarti lebih dong??!! *berlinang*

Kalo dilepas duduk sendiri. menggigil. Tiap sejam ngantuk lagi. Total sepagian tidur udah lima kali. Not so my baby. Skin to skin lagi. Nyokap udah desperate "Wes ga mempan iku, lek jek bayi ngono mempan. Iki wes bocah." >> ga ngerti? buka google translate :)

Akhirnya kasi tempra lagi. Turun lagi. Malam memanas lagi. Doooohhhhhhh!!!! Hancur naaakkkkk hatikuuuuuuuu...

Sama keyong akhirnya meluncur ke KMC. Dicek. Tenggorokan, OK. Telinga, OK. Perut, OK. Jadi mari kita pasang urine bag untuk ngecek kemungkinan ISK. Baru sedetik dipasang, cuuurrrrrr... Ahh pinternya anakku. Tapi urinenya merah. Dokternya rada kaget. Tapi bunda kece tenang doong, soalnya tau itu efek buah naga :))

Alhamdulillah hasilnya bagus. Jadi sama si dokter cuman disuruh nerusin kasi tempra. Perjalanan pulang si bayi tidur. Loh ini gimana masukin tempranya? Alhasil tempra ga masuk, anak panas, cranky almost all nite long, dan susu gempor.

Tapi gapapa, soalnya Sabtu paginya udah turuuunnnn. Yeaayyyyy!!! Tetep dikasi tempra 2x karena masi ada anget-anget dikit. Minggu pagi officially doi udah adem, dan terlihat muncullah gigi baru di atas. Oalaaaahhh nakkk!! *gremet gigi baru*

Learning pointnya adalah (duilee, ya maklum urang HRD :p):

1. Being a RUM mother isn't easy at all. Let say kita udah kuasain tu semua teori, ikut kursus ini itu, rajin baca kultwit para dokter. But still, ketika anak sakit, lemes, menggigil, rasanya aku pengen ngelakuin apa aja asal doi sembuh. Ngerti siih, demam itu mekanisme tubuh kita buat melawan penyakit, jadi yang sekarang dipahami adalah kalo anak demam justru malah bagus buat tubuhnya belajar membentuk antibodi. Tapi kalo ngeliat anak sakit, rasanya segala teori itu musnah ditelan air mata. Makanya yang perlu banget ada adalah..

2. Support! Dari siapapun. Bokap nyokap udah kekeuh ngasiin obat. Bahkan pertanyaan bokap saat pertama kita dateng dari KMC adalah : "Dapet obat apa?". Ya memang kan mereka bokap nyokap dibesarkan dengan teori dan ilmu yang berbeda, dan itu ga salah kok. Keyong juga disuruh nungguin 72 panas buat dibawa ke dokter juga ga mau. Maunya malem ini juga. Yah, well, kalo yang ini aku juga ga nolak sih. Karena Raka ga pernah demam sampe setinggi ini. Mau sampe di KMC ntar cuman dipegang-pegang doang, ya tinggal pulang lagi. Ya maap, kalo urusan ini kita ga mau ambil resiko. Belum pengalaman juga boookkk. Untungnya kita setia dengan KMC, yang so far masi kita percaya setia sama prinsip RUM.

Ya maap cerita anak demam numbuh gigi aja ceritanya berentotan. Hati ibarat dilindes bajay deh, beneran.

Senin pagi, bayinya batuk. Dan sedikit demam. Kembali ada yang gundah gulana. Semoga demamnya karena batuk aja ya bayii.. Nanti malem sembuh ya? Oke? Janji?

Tapi tetap ada sedikit yang menghibur disini. Ketauan deh norak pamer-pamer, hahaha. Tapi asli aku belum baca full loh, maluuukkk beneran maluukkk. Mental ga siap jadi arteys ni. Tapi tetap dipajang sih di blog. Hauhahahhah.

Sehat-sehat ya semua bayi di luar sana! Sabar-sabar ya para mama kece sedunia!

16 comments:

  1. ejiyeh bunda Raka nongol di TUM... huhuyyyyyyy kece berattt :)

    ngomong2 demam, dsanya farrell paling gak bisa toleransi ama demam, makanya klo demam dikit kasih tempra atau sanmol biar turun. Soale klo anak nyaman, tumbuh kembangnya juga gak terganggu. Ak manut ae dehhh.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul bunn, demam tu yang bikin emaknya bertekuk lututt..

      Delete
  2. eciyeeeee arteys TUM eeuyyy *semua komennya salah fokus*

    akupun pernah mengalami kinan panas sampe 39 koma. dalam hati gemeteran tapi harus terlihat tenang biar orang rumah juga tenang, langsung sms bu dok biar tambah tenang. alhamdulillaah terlewati juga. sebenernya yang aku takutin kalo panas tinggi tu kemungkinan kejang demam si ning :s

    sing sehat raka! abis ini tumbuh gigi langsung 2? ehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi mii.. horor banget kalo sampe kejang *amit2ketokapaaja*

      langsung numbuh 4 juga hayookk.. ga pake bonus demam :DDD

      Delete
  3. sama kaya rere,,,aku paling takut kalo bocah demam,,,takut kejang soale...
    uda mulai tinggi langsung kukasi sanmol...
    tapi kalo cuma batuk pilek mah santeeee...hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ta, sekarang tinggal batuk, emaknya mulei santei.. tapi yah walopun napsu melepeh jadi nambah besar! dooohhh.. hahahhahha

      Delete
  4. nice day :)
    Bermimpilah tentang apa yang ingin kamu impikan,
    pergilah ke tempat-tempat kamu inginkan,
    Jadilah seperti yang kamu inginkan,
    karena kamu hanya memiliki satu kehidupan
    dan satu kesempatan untuk melakukan hal-hal
    yang ingin kamu lakukan

    http://www.nolimitadventure.com/

    ReplyDelete
  5. cieeeey.. artez TUM :D
    hehehe..

    kalo anak panas, emang yg di takutin cuman kejang yaa..
    Agie juga kalo panas aku banyakin nenen dan sedia tempra aja.
    Kalo udah lewat 3 hari tapi ga ada tanda gigi tumbuh, baru deh ke Dokter *kalo aku..

    Sehat terus yaa Raka, hus hus hus.. jauh2 demamnya, tumbuh gigi aja yaa 'nak, jangan pake demam;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaamiiinnnn.. balik ke grup dong fitaa :)

      Delete
  6. wah emg lg banyak yg sakit nih bayik bayik. Semoga lekas sembuh ya Raka,

    ReplyDelete
  7. Waah sama persis ceritanya minggu lalu sama anakku ning....sediiih bener kalo anak sakit...ternyata kena radang tapinya bukan numbuh gigi:(,...udah 9 bulan nahan2 ga mau masukin obat kimia...eh pertahanan luntur gegara ga tegaa liat anak lemes dan panas turun naik..ke dokter pun dikasih obatnya buanyaak beneeer...hiiikss..sehat-sehat terus ya Rakaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiiinn!! sehat2 juga buat adiva! kisskiss!!

      Delete
  8. Ampun DiJe.. Nyari postingan blog ttg panas tinggi nyasar disindang. Ternyata bisa jadi mau tumbuh gigi ya? Anakku td mlm 39,3, paniknya pwol :))))

    Bawa ke dokter (galak) di Bogor, di bilang gpp, syukurlah.. Moga2 bener mau tumbuh gigi..

    AAAMMMIIIIN! *yang kencneg* :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahah.. aaamiiiinnn mak :)

      Delete
    2. Mak, gw link blog lo yaaa..

      *salam kenal* *sungkem* :D

      Delete