Sunday, January 27, 2013

selamat datang di dunia emak-emak

...yang penuh dengan nyinyiran dan sindiran. Ngok.

Heran deh.

Memang jadi seorang ibu itu musti kompetitip yak? Musti ngerasa yang dilakuin tuh paling bener gitu yah?

Dari awal jadi ibu, udah berusahaaa buat ga nge-judge parenting style orang lain. Ya ikut ngelairin juga kagak, napa musti repot yak. Kecuali kalo situ mukulin anak di depan umum (kejadian nyata di KMC. Tu bule rada sarap kalo aku bilang), ya baru boleh lah dimaki-maki.

Temen di kantor banyak yang ga kasih ASI buat anaknya. Concernku adalah lebih ke sayang ya, hak si anak ga terpenuhi. Tapi apakah musti nyinyir di depan emaknya? Emang pake duit kita beli sufornya?



Ada juga yang ga bedding in sama bayinya, malah si bayi tidur sama nanny ato neneknya. Yang terpikir adalah, wah kalo aku mana kuaatt. Apalagi bayiku. Tapi kalo si temen nyaman dan oke, kenapa musti rese?

Pernah laktasi bareng temen MPASI perdana anaknya dikasi bubur instan. Sementara akunya jungkir balik (lebahaayyy) bikin homemade mpasi. Trus emang musti gitu si temen aku ceramahin? Bukankah cukup dengan pertanyaan "tapi bulan depan dimasakin bubur tim sendiri kan?". Eh, ini ga masuk nyinyir kan yah? :D

Kalo ada temen yang lebih prefer full dispo instead of pake clodi, ya terserah juga. Mungkin emang akunya aja yang terlalu pelit ngehambur-hamburin duit buat beli dispo (again, ini bukan nyinyir kok, hihihi).

Maksudnya ya itu, jadi kalo aku punya CARA YANG BEDA dengan caramu, ya ga perlu protes. Ga perlu kasi tatapan anak-baru-satu-tau-apa-sih-kamu? Punya anak duluan dan lebih banyak, doesn't make u better than me. Period.

Kalo diinget-inget lagi (ecieehh dendamnya udah lama ternyata :p) ternyata dari dulu mengalami juga sih kenyinyiran ini.

#nyinyir1

Dibilang ASIku kurang gizi karena ga minum suplemen apa-apa. Eh, halLLOOO?? Nyicip aja ga pernah bisa-bisanya bilang ASIku kurang gizi!!

#nyinyir2

Dibilang Raka bisa trauma makan karena sebelum 1 taun ga dikasi gula sama garam. Oh, really? Situ udah ada penelitian?

#nyinyir3

Gara-gara aku ga kasi Raka cemilan full micin full MSG trus dibilang Raka ntar gedenya jadi pilih-pilih makanan. Anakku memang sudah setaun, tapi bukan trus kontrol makanan dia jadi dol ya. Catet!


Well yah, ga ada cara dan metode yang 100persen bener, in my opinion. Setiap anak punya gayanya sendiri, dan yang paling ngerti ya jelas emaknya. Bukan orang lain. Jadi ga perlu laahh abis2in energi buat nyela cara ngasuh anak orang. Aku sendiri juga yakin caraku ini ga 100persen bener. Seratus persen ngikutin teori mah bisa pusyang!! Toh Raka juga sebelum setaun udah nyicip gula garam, udah makan roti boy ga pake topping, udah doyan banget sama kerupuk bahkan sampe sekarang. Aku juga ada toleransi kok. Tapi bukan berarti situ bisa kasi minum nutrisari ke anakku ya. A big big no.

Jadi, siapa bilang jadi emak-emak itu gampang? *sodorin sumpel kuping*

1 comment:

  1. nice day :)
    hargailah hari kemaren,
    mimpikanlah hari esok,
    tetapi hiduplah untuk hari ini.
    bagi-bagi motivasinya yaah...

    http://www.nolimitadventure.com/

    ReplyDelete