Friday, January 18, 2013

MPASI: bumbu kuning

Yang akhir-akhir ini jadi kesukaan si mantan bayi.

Isinya bisa apapun, telur puyuh, lele, tahu, sayap ayam, all wud be great :)). Karena (mumpung) lagi doyan, semalem sebelum tidur disuapin lagi nasi sama kuahnya doang. Lelenya udah abis. Hihi. Jadi bunda kece bisa tidur nyenyak.



Bahan:
1/2 fillet lele atau 8 butir telur puyuh rebus atau apapun lah boleh asal jangan sendal jepit :p
2 siung bawang putih
1 butir kemiri
1 cm kunyit
Daun jeruk, sobek dikit
Air/santan
Sedikiiit ketumbar bubuk
Sedikiiit merica bubuk
Butter atau ELOO, atau keduanya campur :)

Bawang, kemiri, kunyit, dialuskan. Pake cobek aja bisa kok, jadi ga perlu pake handblender (lagi kepengen jadi kebawa-bawa :p). Tumis bumbu halus dan daun jeruk pake butter atau ELOO atau campuran keduanya. Opsi yang terakhir akan memberikan sensasi gurih yang dahsyat jadi ga perlu pake garam lagi. Ditambahin garam seicrit malah jadi keasinan.

Kalo bumbunya udah harum dan mateng, masukin aja lele/telur puyuh/apapun selain sendal jepit tadi, kasi air atau santan, kasi merica dan ketumbar. Tunggu sampe mendidih dan mateng. Coba dicolek pake tangan, enak kan?

Kayak-kayaknya sih kayak bumbu opor ya? Hanya versi minimalnya. Anw, kalo airnya diganti susu UHT juga kayaknya enak. Yuk ah mari dicoba :)

No comments:

Post a Comment