Wednesday, December 19, 2012

Recipe: An extraordinary Sayur Asem

Eciyeeehhh sayur asem aja pake extraordinary. Hihihihi. Tapi emang enak kok, best sayur asem i've ever made. Padahal seumur-umur jarang bikin juga sik :p

Pada dasarnya, sayur asem harus mengandung kacang tanah rebus, yang utuh. Ini prinsip. Tanpa kacang, sayur asem pasti hampa. Tapi stok kacang lagi kosong, mau malem2 ke carrefour kok ya males bener. Hanya ada labu siam dan kacang panjang teronggok di kulkas. Ya sudah, mari kita terima nasib bikin sayur asem tanpa kacang tanah



Bahan:
2 ikat kacang panjang, potek. Seiketnya kemaren dapet dikit jadi pake 2 ikat.
2 buah labu siam, potong kotak
4 cm lengkuas, geprek
3 lembar daun salam
1 sdm gula merah serut
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1 sdm asam jawa, larutkan pake 6 sdm air

Bumbu halus:
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 cabe merah
1 kotak terasi ABC

Caranya?
Gampil mecicil surintil. Didihkan air sepanci, masukkan bumbu halus, lengkuas, daun salam. Kalo udah mendidih masukkan labu siam. Setelah labu nya setengah mateng, cemplungkan kacang panjang. Tambahin gula merah, gula pasir, garam, air asem. Cicipin. Enak kan?

Dipadukan bersama bakwan jagung dan dendeng ikan asin yang nemu di All Fresh (enak juga ini), jadilah bekal sarapan pagi ini:


Berat ya mak sarapannya? Hihihi. Kan keyong lagi sakiit, butuh sarapan tinggi kalori biar cepet sembuh *ngasal.

Rasa-rasanya sih ga kalah sama sayur asemnya Raja Gurame yang asem-legit-enak. Apa buka warung sayur asem aja ini ya?


No comments:

Post a Comment