Friday, December 14, 2012

MPASI: soto susu

Waktu nge twit sih ngasi judulnya chicken curry, tapi ya karena memang tidak mengandung unsur kari apapun dan rasanya menjurus ke soto, ganti nama aja deh!

Ini awalnya sih keabisan ide. Bulan ini maleeesss bener bikin jadwal menu, jadi sukanya malam2 menerawang..besok makan apa ya si bayi? Kemaren udah daging, kemarennya salmon, jadi giliran ayam nih. Diapain ya? Ditumis sama apel kurang yahud, karena apel lebih berjodoh dengan daging. Dibikin bakso tapi yang di freezer adanya fillet, bukan minced.. Ditumis sama labu parang si bayi kurang suka, karena emang aneh juga sih rasanya..hauhahauhah. Lagian kan bulan depan udah table food loh, mestinya mulai dikenalin ke rasa-rasa masakan rumahan.. Teringat akan kunyit, kemiri, dan susu.. Kayaknya enak deh. Mari kita masak!



Soto Susu (was: Chicken Curry)

Bahan
70 gram fillet ayam, rebus. Ijk rebus di takahi biar pas masak cepet mateng. But cemplungin dari mentah tak papa kok
30 ml susu UHT (kalo ayamnya mentah tambahin susunya, ato kaldu)
Sedikit keju, optional
Seledri
Daun jeruk (kemaren kelupaan)
Seicrit ketumbar bubuk
Unsalted butter

Bumbu halus: 1 bawang putih, 1 kemiri yang kecil, 1 cm kunyit

Caranya?
Tumis bumbu halus di butter sampe mateng dan mewangi. Masukkan ayam, susu, keju, daun jeruk. Tunggulah sampai mendidih dan mateng. Kecrutkan ketumbar. Ini rempah kesayangan aku soalnya aromanya enak banget. Terakhir masukkan seledri, aduk bentar sampe seledri layu, angkat!

Karena Raka ga suka pake sendok, dibikinnya nyemek2 biar bisa dipulung.

Enak loh, beraroma dan berasa soto. Tapiii ternyata Raka biasa aja reaksinya, hihihi. Kecian deh bunda. Nampaknya Raka lebih mengidolakan ikan. Mungkin juga doi belum biasa sama makanan yang bumbunya rich ya, biasa kan butter-keju doang. Jadinya kan beberapa suapan nyangkut di bunda dan yangti. Hihihi.

Yuk ah mari dicoba :)

No comments:

Post a Comment