Saturday, November 3, 2012

MPASI: steamed kakap

Got this recipe from one of my friend in the office. Karena anak kita cuman beda seminggu, kita sering berbagi resep MPASI.

Sebenernya setelah salmon, pengennya ngenalin gurame. Atau lele. Kenapa? Yaa biar kenal sama ikan air tawar. Lagian kalo ikan air laut kan konsumsinya harus dibatesin mengingat kandungan merkuri bukan? Sementara di lain sisi makan ikan itu bagus soalnya gizinya kan tinggi yah. Jadi yang dulunya Raka makan ikan 1x seminggu, mau dibikin jadi 2x. Yang satu ikan laut, satunya ikan tawar. Good plan yah?



Akan tetapiiii... Diamond ga jualan fillet gurame, apalagi lele. Yang ada di farmers, dimana pasti males ke sana soalnya lebih jauh. Diamond adanya tuna. Mmmm.. Tapi inget dulu pas awal hamil muntah sama tuna, jadi ilfil. Ada marlin, gindara, dory. Dory oke nampaknya, tapi gede amat tu filletnya? Melirik ke sebelah ada kakap. Enak nih kayaknya. Ada kakap putih sama merah. Yang kakap merah warna dagingnya agak gelap, jadi kurang tertarik #cetek. Jadi mari fillet kakap putih, let's go home!

Steamed Kakap

Fillet ikan kakap, potong kecil
Bawang putih, parut
Brokoli, cincang
Seledri, cincang
Daun jeruk
Keju parut

Di wadah/ramekin, campur semua bahan jadi satu. Pake tangan yah, biar keringetnya nempel jadi lebih sedep *kok jorok ya?*. Kukus deh. Biar hemat listrik dan air, kemaren ngukusnya barengan masak nasi. Tapi jadinya kelamaan trus ikannya jadi agak keras, hihi. Soalnya ikan itu cepet mateng jadi jangan kelamaan aja.

Tapi beneran deh, enak. Daun jeruk itu niscaya masakan jadi guriiiihh. Slurp.

Minggu depan dibikinin lagi ya bayiiiikkk..

No comments:

Post a Comment