Saturday, November 24, 2012

MPASI: belut

Miapah malem2 gini cerita MPASI? ;) demi eksis ajah. Huahahauhahha.

Kenapa belut?

Karena belut kandungan energinya tinggi, much more than beef or egg.

Karena belut kandungan zat besinya tinggi, jauh di atas daging sapi. Noh, penting buat yang khawatir anaknya anemia karena nurun emaknya.

Karena belut kaya akan fosfor, yang ngebantuin kalsium ngebentuk tulang.



Karena salah satu kandungan dalam belut (lupa namanya) berperan dalam hormon pertumbuhan. Ga percaya? Googling dah.

Bahkan ada yang mencetus bahwa belut adalah one of the most nutritious food. Wiiwww kewl!

Dulu pas hamil tua juga sering banget makan belut karena ada temen bilang bisa bikin bayinya pinter. Oyaaa? Aku sih doyan karena enak :) Gurih banget si belut ini mah. Jijik? Kan ga liat mentahnyaa.. Tautau udah tergoreng manis di meja.

Buat si bayi, belut cukup diolah sederhana. Sudah gurih dan enak.

Belut bayam

Fillet belut
Bayam
Keju
Bawang putih
Unsalted butter

Tumis bawang di unsalted butter, masukkan belut dan bayam. Aduk rata, cemplungkanlah keju. Done! Di resep ini belutnya direbus dulu, eh ternyata in the end hasilnya kurang gurih. Harusnya sih cemplung langsung pas mentah.

Belajar dari itu maka mari kita buat:

Belut tofu

Fillet belut
Tofu kongkee
Brokoli
Seledri
Keju
Bawang putih
Unsalted butter

Tumis bawang putih, masukkan belut (mentah, udah dipotong2). Pakein kaldu ya biar makin sip. Kalo udah mateng masukkan sayuran, tunggu bentar lalu masukin tofu, aduk sampe tofu ancur. Terakhir taburi keju dan matangkan. Enak loh :)

Dan emang lebih gurih kalo masukin belutnya dari pas mentah.

Oia ngilangin lendir belut bisa pake air asam. Tokcer makcecer. Lendir ga cuma rontok tapi kapok (kok kayak ikan salep panu?). Nemu trik jagoan ini di sini.

Selamat malam mingguan!!

3 comments:

  1. Halo mbak saya lg mo bikin menu belut untuk anak.. Udah si tadi tapi amis... Googling2 trus nemu ini.: air asem itu apa ya..? Asem jawa maksudnya..? Hehehe *liat postingan 2012 semoga 2015 masih dibuka.. Thank you salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab ya mom, anak ku umur 11bln jg suka klo d kasih menu mpasi belut satu ini, untuk ilangin amis'a bisa pake perasan jeruk lemon mom, untuk lendir'a aku biasa lumurin pakai garam trs d diamkan selama 30mnt, masak aku tambahkan jg pakai jahe geprek agar sedikit pengharum masakan, smoga saran saya ini membantu ya mom :)

      Delete
    2. Haloo air asem itu asam jawa yang dilarutin pake air, ntar diambil airnya.. Pake jeruk nipis ato jeruk lemon juga bisa kok :)

      Delete