Wednesday, March 21, 2012

useful vs. unuseful

sekali-sekali posting yang agak guna dikit :p

berbekal sering baca di TUM, jadi pengen bikin list barang apa aja yang guna dan kurang guna buat Raka. It may vary depends on parenting style ya. So you can disagree with me :)

yang kurang guna (prefer kata "kurang" karena kalo kata "tidak" ijk macam kejam banget gitu nge-judge barang-barang ituh):

1. Sarung tangan. Ditung-itung palingan Raka pake sarung tangan ga sampe 5x. Jaraaaaangggg banget. Sebenernya kalo masi newborn banget sih gapapa ya pake sarung tangan, mana badan bayi kan sensitif banget sama suhu dingin, pakein sarung tangan biar anget. Tapi toh Raka pas minggu-minggu pertama seringan dibedong, jadi ya kayaknya ga ngaruh pake sarung tangan. Kalo udah gedean, emang tidak disarankan pake sarung tangan, biar bayi bisa belajar meraba dan mengenali sekitarnya, ya pake tangannya itu. Kalo supaya bayi ga nyakarin mukanya sendiri gimana? Ya rajin potong kukunya dong bundaaa.. Padahal aku sendiri seminggu sekali potong kuku Raka sih, hihihihihi. Alhasil terkadang suka ada guratan merah-merah hasil self-cakaran si bayi belo.

2. Kaos kaki "bayi". Yang sepaket sama sarung tangan itu loh. Sama juga nasibnya, ga sampe 5x dipakein karena lebih anget kalo pake kaos kaki "beneran". Kalo pake kaos kaki yang "bayi" ini berasa kurang anget trus gampang copot pula.

3. Canopy bed. Soalnya bikin kasur jadi sempiiitttt.. hihihihi. Kalo yang ini emang salah perhitungan deh. Beli yang seukuran baby box, buat ditaruh di kasur gede (Raka tidurnya bedding in sama bapak emaknya). Kalo beli yang seukuran kasur gede, kayaknya kok heboh beneeeuurr, meni repot pisan kalo kita mau pipis. Eh ternyata, begitu si canopy bed di taro di kasur kita.. jeng jeeengg.. sisa kasur yang buat ditidurin emak bapaknya sempit amaaaattt.. huahauhuahuhahuha.. Mana sekarang di apartemen ga ada nyamuk. Yowes si canopy resmi pensiun.

4. Aneka kosmetik bayi macam eyeliner, concelear, foundation, lipen, ... eh, itu mah kosmetik emaknya ya? :p
Raka ga pernah pake bedak, cologne, krim rambut, dan segala macemnya. Dulu pas awal-awal doi abis mandi malah ga pake apa-apa loh! Plain aja gitu. Karena duo eyang putri protes, akhirnya dipakein minyak telon sampe sekarang. Plus baby oil buat pijat. Sama liquid talc buat kalo kulitnya merah-merah, errr.. inipun udah sebulanan krim nya ngendon di diaper bag saking ga pernah lagi dipake. Kita lebih suka bau alaminya dia sih, ga usah pake yang lain-lain. Dari tulisannya dokter Fransisca Handy juga, bayi itu dari lahir sudah dibekali kekebalan pada kulitnya, so minimalin aja pemakaian kosmetik buat bayi :)

5. Guling bayi! Ga faham deh buat apa sih? Udahpun beli dua pulak. Raka hampir 3 bulan kok ga bisa gulingan ya?


Kayaknya sih itu aja yang kurang guna. Kalo yang guna:

1. Wrap. Dapet kado dari sepupu, merk bunda wrap. Enakeun bangeeettt gendong pake beginian dweh. Katanya sih kalo pake gendongan beginian, berat bayi didstribusikan ke dua bahu, ga hanya ke satu bahu kayak gendongan biasa. Soalnya gendong menggendong ini ternyata berakibat tangan keram loh *curhat*

2. Stroller. Yap, as previously mentioned bahwa gendong bayi itu bisa bikin tangan keram, pake stroller lah solusi lain supaya dunia tetap cerah ceria. Banyak banget booo' merk stroller betebaran, racun bener-bener deh kalo ga segera meneguhkan hati buat mantepin beli. Raka sekarang pake Combi, karena dari awal nyari pun emang udah manteb pake merk ini. Ringkes, ringan, ga pake ribet. Emang seatnya dia ga terlalu gede dan posisi seatnya rendah jadi rada bungkuk kalo ngambil/naruh bayi. But, u can't have it all right? So far puwas dengan si Combi. Pas dapet diskonan pulak di pameran, ngihihihihi. Kalo nurutin pengen mah, udah naksir terkiwir-kiwir sama Silvercross Surf. Terngidam lah. Sampe jadi wallpaper henpon segala. Tapi kita realistis sih. Buat kita, sayang kalo duit segitu dibeliin stroller. Tapi emang harga tak pernah dusta ciyn, liat penampakan si Surf di KMC langsung ngi..ler. Super COOL!!

3. Kaos kaki "beneran". Yang emang bentuk kaos kaki. Mmmmm u know what i mean kaannn? Ada kok yang bisa dari newborn. Yaa rada kegedean dikit tapi jelas lebih anget. Cuman emang masukin ke kaki bayi rada perjuangan dikit soalnya kaos kaki jenis ini kan ga selebar si kaos kaki "bayi". Kalo pas Mothercare lagi sale gede, jangan lupa borong kaos kaki newbornya. Good material.

4. Alas ompol. Renata punya pastinyah. Sungguh berguna. Alas ompol, insert clodi, alas gumoh, alas stroller, selimut emergency. Dan gampang banget keringnyaaaa :) *pelukin alas ompol*

5. Bouncer. Karena temen kantor dari jauh-jauh sebelum lairan udah bilang mau kasih bouncer, bertahan kita ga mau beli. Ya iyalah masak jadi punya 2? Satu aja ga abis-abis. Eh, baru dikasinya pas Raka hampir dua bulan, hihihihihi. Dan ternyata Raka suka duduk di situ. Bouncer di taruh di ruang serbaguna di apartemen. Kenapa serbaguna? Karena dalam 1 ruangan itu mencakup ruang tamu, dapur, ruang makan, dan ruang cuci piring. Jadilah doi bisa duduk santei sambil ngeliatin emaknya ngulek sambel. Doi nyaman, sang emak pun tenang :) Kalo pas di bouncer lagi separo ngantuk, di goyang-goyang dikit langsung tedoorrr..

6. Breastpad! Sungguh deh, penyelamat dari kebocoran yang tak terduga. Hihihihi. Pake yang washable dong yah biar mengurangi sampah jakarta (ecieehhh..).


Benernya banyaaakkk dan hampir semua barang-barang Raka itu berguna. Tapi mana mungkin lah diceritain di sini semua. Ntar situ ngantuk lagi. Yang pasti, kalo baju ga usah beli banyak-banyak. Bakal dapet segambreng dari kado. Beneran.

So, happy shopping mama!

23 comments:

  1. guling bayi berguna ning kalo udah agak besaran :D kayak keponakan2ku sampe besar gak bs lepas dari guling bayinya,,kalo bobo maunya sama guling bayi :P

    ReplyDelete
  2. wahhh akuu butuh niy yg kyk beginian,, soalee udin mau 7bulan,, jd pengen belanja2..

    mbak bs diemail gak ke : mandamanda1987@gmail.com

    list2 nya yg dibelanjaan buat nanti.. makasihh byk :*

    ReplyDelete
  3. empuk dan nyaman sekali untuk di pake. he he he

    ReplyDelete
  4. wkwkwkwk tenang aja mba gak bakalan ngatuk deh saya bacanya,,

    ReplyDelete
  5. ijin nyimak dulu ya mba,,, salam kenal ya

    ReplyDelete
  6. owhh jadi begitu toh,,,,
    ini informasi jadi rumah tangga ya ketika punya bayi ,,,

    ReplyDelete
  7. nyiapin perlengkapan buat bayinya ya mbak...
    selamat ya..

    ReplyDelete
  8. ya gag bakalan ngantuk lah mbak ..coba aja ceritain nanti di part selanjutnya..heheh..

    ReplyDelete
  9. beuh perlengkapannya komplit sekalii... mantap :)

    ReplyDelete
  10. Nice sharing! Terima kasih sudah berbagi info.

    ReplyDelete
  11. sip ..good postnya mbak ..thanks share nya :D

    ReplyDelete
  12. yang terbarunya mna nih ??

    saya tunggu dah kunjungan baliknya, salam kenal dan sukses selalu ya :D

    ReplyDelete