Sunday, November 27, 2011

Siraman - Midodareni: 19 Februari 2011

Yeaahh.. inilah hari pertama dari rangkaian prosesi pernikahan agung! *nyengir*

Sebenernya didahului dengan pengajian sih, tapi pengajiannya beda sama yang kayak di Jakarte ciyn. Jadi kalo di sana, yang pengajian itu bapak-bapak semua dan sang penganten muncul pun tidak. Karena tidak adanya penampakan sang penganten di sesi ini, maka tak perlu lah diabadikan melalui vendor foto, hiahahahahah sungguh litjik yah diriku ini.

Jadi marii kita mulai dengan cerita siraman ya! Kostum siramannya full warna hejo. Ini daku bener-bener pasrah sama dukun mantennya, jadi baru tau ya pas didandanin kalo warnanya bakal hejo.

Sebelum mulai siraman minta doa restu dulu sama mamih dan papih:
"mamih.. nyiramnya jangan kenceng-kenceng yaa"

Dilanjutkan dengan sang temanten duduk di singgasana pemandian *yang pas di atas kolam ikan, cuman dialasin kayu, sakseis bikin deg-degan karena takut kecemplung* dan bergiliranlah tujuh orang ibu-ibu mandiin sang temanten hejo:

Syaratnya ibu-ibu yang boleh nyiram itu harus udah pernah ngawinin anaknya, jadi kalo anaknya masih p*rawan atau p*rjaka ting-ting ga boleh yaa. Dan air siramannya seingetku juga air biasa aja, gak pake air dari 7 sumber mata air tertentu.

Abis ketujuh ibu mandiin, giliran mamih papih deh sekarang *eits aseli lupa, mamih papih di urutan pertama apa terakhir ya mandiinnya??*. Trus abis mandiin, sang temanten wudhu pake air kendi, then kendinya dipecahin sama papih, daannn dapatlah aku ketjup sayang ini:

"alhamdulillah.. si genduk bau wangi ya pih.."
Abis kecup-kecupan, sang temanten digiring buat ganti baju. Mamih papih ngapain? Jualan dawet! daku sukaaa banget deh adat yang satu ini, seru!
"ayo pak dibeli pak.. buat modal bayar tenda ini pak.."

Dan papihku nampak semangat banget itung-itung fulus hasil dawet:
"wah lumayan ki bu'e, bisa buat bayar katering jugah.."

Duitnya macem dari tanah liat, lucu ya. Pingin ngutil satu tapi mengingat di sini sebagai aktor utama pertunjukan, inget musti jaga imej. Lanjut dengan acara-yang-ga-tau-namanya-apaan, dimana sang temanten disuapin nasi lengkap sama lauk pauknya. Disini juga ga inget samsek deh maknanya apa ni ritual :D
"nduk, ngerti sih laper, tapi mbok jangan gede-gede buka mulutnya"
Dan karena cuman dapet satu suap, sang temanten pun ga kekurangan akal untuk sabotase satu piring full porsi besar!

"syapa bilang jadi manten itu stres, akuh enggak tuuh.. hihihihi"
 Dilanjutkan malam harinya dengan acara midodareni. Ini penting - sangat penting. Ga boleh dilewatkan acara yang satu ini. Kenapa? Karena di sinilah seserahan buat sang temanten diserahkan! Huahaahahahah *tawa membahana*. Mana manaaa hasil rampokan seserahan punyakuuuhh.. Come to mama darlings.. hihihihihi

Acaranya mulai selepas Isya. Berdatanganlah iring-iringan keyong sekeluarga yang sungguh tak sabar ingin memperistri diriku. Keyong tumben eh klimis dan perlente pake jas begini:
"kalo dicukur jadi tampak cupu kamu keyoongg.. aku dikira kawin sama brondong"
Dan sang temanten wanita disembunyiin dong di dalam rumah, ga boleh keliatan sama keyong. Ntar kalo keliatan, trus terpesona, trus keyong maksa dinikahin saat itu juga repot kann?? Yang boleh ketemu eike hanya para wanitanya saja.
"sumringah nunggu seserahan :p"
Daaannn.. yang dinanti-nanti akhirnya datang juga ke pelukan:

Sampei jumpa besok pagi di akad nikah ya keyong! Makasih loo hantarannya!

Wednesday, November 23, 2011

::finally arrived!!:: foto kawinan

iyeee.. si jabang bayi udah mau ngebrojol masih bahas foto kawinan??

Ya, paling enggak nostalgia lah jaman badan eike masih ramping bak supermodel. Kikikikikkk. Ni foto udah agak lama nge-dekem di rumah benernya, dari Lebaran kemaren lah. Berarti.. berarti.. total jendral 6 bulan aja yaa dari sejak peristiwa agung pernikahan ku sampe fotonya sampe di tangan! Doh, lama juga jek. Tapi hasilnya sangat memuaskan kok sodara. Terkecuali karena kelalaian pasangan penganten ini yang males kelupaan ngasi undangan ke tukang fotografernya, sehingga alhasil nama keyong salah tulis. Hiahahahahah.. Sungguh fatal ini keyoonggg..

Reportase lengkapnya ntar yah, mau inget-inget kronologis peristiwa dulu. Udah lama aje yaa jaman kawinan, 9 bulan lebih! Time flies really fast.

Sementara cuplikan dulu ajuah, biar pada penasaran *gede rasa*




Sunday, November 20, 2011

senam hamil di KMC

Kemarin hari Sabtu, kita berkesempatan *tsaaahhh..* nyicipin senam hamil di KMC. Lumayan sih, pagi-pagi musti udah berangkat soalnya kalo senam di sana, ga bisa booking dulu by phone atau daftar hari2 sebelumnya. So, siapa cepat dia dapat. Alhasil kita mendarat di KMC jam 07.15 pagi daaannn.. udah dapet nomer urutan 7 ajaa.. Ckckckckck. Pesertanya maksimal 10 orang aje. Padahal senamnya sendiri baru mulai jam 9 loohh, jadi lumayan ya nunggu 2 jam.

Oia, sebelumnya ini kostum senam bumil hari itu:

emang sengaja diburengin biar ga keliatan "butek"nya :D

Ga senam2 banget yaaa kostumnya, itu juga celana kerja yang dipake. Hihihihi. Pasminanya tentuu berfungsi menyamarkan kebulatan dan kebundaran di sana sini.

Senam hamil di KMC bayarnya 100 ribu. Mahal gak? Di tempat lain ada yang 50 ribu, bahkan pernah denger ada yang 35 ribu saja. Tapi eike udah jatuh cinta siih sama RS ini, jadi sekalian kontrol, senam, dan rencana lahiran sekalian di sini. 

Sambil nungguin jam 9, nongkrong dulu di Circle K, keyong makan hotdog super besar tapi ga pake mayones ini:


dan menu yang paling bumil friendly so far dapetnya nasi goreng macam begini:

Nyam! Ga usah ditanya rasanya yaa, hihihihihi. Asal perut keisi buat energi senam.

Sebelum masuk ke ruangan senam, diukur dulu tensinya, dikasi snack box sama fotokopi materi. Jadi di KMC sesinya ada 2 ya buibu, sesi materi trus lanjut sesi senam. Jadwal hari itu materinya "Melahirkan tanpa rasa sakit dengan ILA". Buih, mantabs ya. Sayang seribu sayang, sampe jam setengah 10 dokter yang ngasi materi ga muncul juga, sampeeee kita selese senam jam setengah 12 pun ga dateng2 itu dokternya. Jadi hari itu full senam dehh, ga dapet materinya. Rasanya ingin kuminta kembalian deh, kan akyu bayar 100rb buat dapet materi sama senam hamil *emak medit, bukan untuk ditiru*

Review satu2 yak!

Snack box nya, enak dan isinya banyak. Cuman kenapa dapetnya cuman satu? Kasian para suami yang mendampingi cuman dapet baunya doang *lagi-lagi bukan review yang patut untuk ditiru*

Ruangannya, enak! Kasurnya empuk dong. Kasur beneran, bukan matras. Ada kaca gede di satu sisi dinding, ya macam ruangan senam beneran gitu. Bantalpun dapet 2, sakseis deh pada tidur pas sesi relaksasi.

Pengajarnya, baiik dan enak. Namanya bidan Shinta, masih muda tapi meyakinkan. Ngejelasin fungsi-fungsi tiap gerakan, ngasi tips2 banyak soal persalinan dan kelahiran, wes pokoke cespleng tenan.

Senamnya sendiri, lumayan banyak gerakannya. Sederhana kok buibu, ga ada gerakan macam kayang atau koprol depan. Intinya, gerakan-gerakan buat ngelatih pernafasan, melenturkan otot panggul, mencegah sembelit, melenturkan otot paha, daaannn sisanya akyu lupa :D Musti diinget-inget tiap gerakannya, biar di rumah bisa diulang-ulang lagi di rumah yaa. Suami juga mendampingi itu fungsinya buat bantuin nginget2 gerakannya, jadi para suami harus ikut merhatiin yaa, ga boleh sibuk maen games sendiri *getok si keyong*

Oia, ada latihan mengejannya juga. Tapi buat yang kehamilan 36 minggu ke bawah latihan ngejannya pelan2 aja, repot kalo kontraksi beneran ntar. Buat yang udah 37 minggu ke atas baru latihan beneran.

Senamnya mulai jam setengah 10 sampe setengah 12, udah plus tanya jawab dan sharing sama bu bidan. Rencananya sih ga tiap minggu bakal senam di sana *kesian ama dompet. lagi-lagi, plis jangan ditiru!* Ntar bulan depan kalau udah 37 minggu mau ikut sekali lagi biar manteb belajar ngejannya.

Abis senam, baiknya diiringi makan makanan yang bergijih ya buibuu.. Bukan malah jajan yang kayak begini:



Etapii.. beef enchiladas-nya terenak deh! :)

Tuesday, November 15, 2011

perut melorot?

"Perutnya udah melorot banget ya??"
atau
"Kamu udah deket lahiran ya? Udah turun tuh perutnya"
atau
"Kecapekan kali ya? Udah turun gitu ya? Atasnya udah kosong ya?"

Bah. Tjapek ga sih kuping? Mulai dari sodara, temen, orang kantor. Everybody said that. Perut guwee.. Bayi guwee.. Apa urusannya??!! *sensi tinggi*

But, masa-masa ke-sensi-an itu udah lewat. Sekarang kalo ada yang komen semacam itu tanggepin pake nyengir aja. Atau jawab aja "Iya nih!" dengan tampang (seakan) biasa aja. Eh tapi pas pertama denger pertanyaan-pertanyaan itu hatiku sempat tertusuk-tusuk loh. Apa iya? Melorot banget? Emang gimana sih bentuk perut yang seharusnya? Apakah ini gara-gara:
(i). Jalan kaki ga bisa pelan, grudukan sana-sini
(ii). Masih suka naik motor/ojek
(iii). Pas lagi buru-buru suka ngasal jalannya, tabrak sana, terjang sini *eh ini apa bedanya dengan poin (i)??

Disaranin mertua pake supporting belt. Nah, ngebayangin pake begituan gerah banget kayaknya. Udah jakarta lagi punya 9 matahari begini. Bukannya kutak patuh ya Ibu, tapi aku loh geraaahh *mantu ngeyel, harap jangan dicontoh!! Tapi aku nurut kok kalo disuruh ngurangin naek motor.

Daann.. yang menenangkan gundah gulana ini siapa lagi kalo bukan dr. Ridwan!

"Tenang aja Ning, ga usah banyak dengerin orang, tambah pusing *big grin icon* Selama pemeriksaan terakhir baik, tenang aja"

Gimana aku tak cintah pada my cool, calm, confident obgyn ini? :)


Pesan moral: aku beranggapan orang-orang yang ngasi komen semacam di atas, nothing but they care about me. Mungkin ga bermaksut menghancurkan hatiku atau gimana. Tapi mungkin bener ya, orang hamil mah sensitip pisaannn. Jadi hati suka langsung hancur kalo di-komen-in apa tentang kehamilannya. So, buat para ibu hamil outside there, mari lapangkan hati dan dada seluas samudera!

Friday, November 11, 2011

USG 30 minggu

Haloooo :)

Apakah ada yang menyadari kenapa sekarang aku sering posting? Anyone knows why?

Apakah: (i). Sudah dapet akses internet di kantor; (ii) Pengaruh (postif!) dari relayout ruangan sehingga monitor PC gak lagi ngadep ke arah bos; ataukah (iii) Semuanya benar

Yak!! Yang jawabannya (iii) aku kasi tepuk tangan paling meriah. Horeee!! :D

Anw, mau cerita USG sabtu kemarin ya, pas baby Al 30 minggu lebih 1 hari. Udah trimester 3 loh nak, kata Pa Dokter gejala trimester 3 itu:
1. Napas jadi pendek2 --> yap, sudah terbukti!
2. Frekwensi pipis jadi lebih sering --> lagi-lagi sudah terbukti
3. Heartburn alias dada terasa sesak dan panas karena asam lambung (?) naik --> alhamdulillah belum. Jangan mampir2 ya!
4. Sakit punggung dan panggul --> udah dari kapan tauuu >.<
5. Tidur jadi ga nyenyak karena gerakan baby yang semakin kencang --> oiakah? Aku kok enak2 aja dok tidurnya? Muahahahahahahhh..

Setelah ngobrol wes-ewes-ewes sebentar, langsung periksa USG. Dari semalemnya udah ngebujuk baby Al "Kalo pas di USG jangan tidur ya nak, pengen liat kalo kamu lagi bangun nendang-nendang". Dan memang anak pinterku yang lucu ini ngerti yaaa.. Pas di USG ga tidur beneran dia :) Sibuk gerak-gerak terus sampai berasa sama Pa Dokter.

Puncak acaranya:

Me: Hah? Itu lagi ngapain dok?
Dr. Ridwan: Heheh, itu lagi ngenyot dia. Gerakan refleks kalau bibirnya kena sesuatu. Sekalian belajar menyusui
Baby Al: *masih asik ngenyot*
Me: Lucuuuu banget ya dok *terharu*
Baby Al: *tiba-tiba nguap*
Me, Dr. Ridwan, Keyong: Hahahahahahaha. Lucunyaaaa...

Si lucu pinter beratnya udah around 1.800 gram, masi ke-gendud-an :D Diitung sama Pa Dokter, dengan berat segini nanti pas lahir bisa 3.6 kilo, jadi disuru lanjut lagi dietnyaaa.. Dadah gorengan, es teler, dan brownies cokelat.. Selamat datang apel dan pisang..

Kepalanya sudah di bawah, good kid. Jangan pindah-pindah lagi ya nak, biar nge-brojol-in kamunya gampang. Nanti kalo kepalanya muter, bunda capek musti banyak-banyak ngepel jongkok *nyengir*.

Sayangnyaaa ga bisa masang foto USG baby Al :( Wahai internet gratisan, ada apahh dengan upload fotoo?? Huhuhuhu.

Monday, November 7, 2011

pinky belly!

hari Senin marii mejeng dulu! :)


Itu poto2 kondangan loh. Terbongkarlah aib bahwa ku tak bisa dandan ya!! Hahahahahaha. Bedak, lipgloss, dan perut buncit, mariii kita berkondang-ria! 

Friday, November 4, 2011

bulat-bundar

Ternyata, nambah berat 12 kilo itu manjur ya. Merubah si kecil kurus ini


Menjadi semacam ini:


Wakwaaawwww...

si bulat-bundar: "aku udah nambah 12 kilo aja ni Mbak"
Mbak 1: "iya ya? ga keliatan ya"
Mbak 2: "iya, sama aja, cuman tambah bulat aja"
si bulat-bundar: *senyum kecut-bahagia*

Tuesday, November 1, 2011

baby Al's first shopping ^^

What sooo exciting in this 7th month?? Apalagi ciiiyn.. Belanja buat bayi! Udah dari bulan ke-5 grasak grusuk mau belanja, weits tapi mana boleh sama suamiku yang kucinta dan kubanggakan. Karena ga boleh, hasrat disalurkan dengan browsing dan gugling sampe mabok, barang-barang apa aja yang mau dibeli. Merk apa, warna apa, tipe apa. Kumplit plit. Begitu gendang 7 bulan ditabuh, hajaarr!! Gas pol, rem pol. Huehehehehe.

Lebay sih, padahal ga banyak-banyak juga yang udah dibeli. Hihihihihi.

1. Alas ompol Renata.
Ini adalah salah satu hasil keracunan dari tret di forum ibu-ibu. Kondang gulindang bambang ini alas ompol. Jagoan nyerap air dan bisa dijadikan insert clodi. Yepp, buat baby Al daku memang berencana ber-clodi ria. Mengingat pospak alias popok sekali pakai ternyata butuh waktu ratusan tahun buat terurai bo! Gilingaannn.. Mau jadi apah bumi kitah kalo dipenuhi sampah pospak?? Tsaahh...
Oia, balik ke alas ompol yang singkatan kerennya AOR ini, dia ada 3 grade. Plis cek websitenya for detail ya. Aku coba yang AA premium, warnanya lucu biru muda-biru tua-putih. Motifnya kayak selimut jaman dahulu kala gitu yaaa :)

Jangan lupa sebelum di pake pre-wash dulu yaa bu ibuu..


2. Bazaar Mothercare, PI
Sebenernya, aku ga fanatik-fanatik banget sama merk ini. Gara-gara jaman duluu banget pernah iseng masuk dan ngeliat kaos polos ukuran piyik seharga ratusan ribu rupiah. Mahal beneur ciyn. Tapi kalau denger brand ini diskon gede-gedean sampe 70 persen, masak awak tega membiarkan lewat gitu aja? Diskon ini diskoonnn. Biarpun diskonnya cuman ada di Plaza Indonesia, which is musti ganti busway 2 kali, pun dateng sendirian pulak karena kantornya suami cerdasnya luar biasa sampe Minggu pun disuruh masuk, tak menghalangi niat muliaku. Diskonaaannn, akuh dataaangggg!!!
Jeng-jeng! Ternyata, i've got very valuable lesson here: Jangan (sekali lagi: Jangan!) dateng ke diskonan Mothercare di hari terakhir. Udah ludes barang-barang impian. Jumper dan sleepsuit incaran ludes. Harapan bakal nemu stroller silver cross diskonan juga tinggal iler doang. Luar biasa emang ni diskonan. Antrinya aja sampe 2 lapis. Udah panjaaaang mengular even sebelum mall nya buka. Untung buat ibu hamil ada antrian khusus. Tinggal duduk manis, ga sampe 5 menit udah disuruh masuk.
Dapet deh kaos kaki dan kaos-kaos buat pergi. Yeah, emang lumayan banget kalo lagi diskonan begini. Kalo enggak, mana mau eyke beli kaos kaki sepasangnya 45rb?? Hihihihihi.


Baru dikit ya belanjanya baby Al. Bulan ini rencananya mau dikumplitkan mengingat akhir bulan ke 8 konon persiapan buat bayi harus sudah lengkap buat jaga-jaga. Terutama tas bersalin yang dibawa ke rumah sakit. Jangan sampe pas udah mules-mules kontraksi baru packing isi tasnya. Dannn.. maen-maen ke forum ibu-ibu itu sungguh bermanfaat deh! Jadi ngeh apa aja yang perlu dan apa aja yang ga perlu dibeli buat newborn baby. Nope, I am not gonna make rangkumannya apa aja ya, panjang ciyn! Hihihihi. Yang pasti, yang sudah jelas batal dibeli adalah ini:


Imut banget yaa baby box nya. Daku cinta mati deh. Tapi kalo kepakenya cuman 5 bulanan, sayang banget yaa.. Mending dananya ditabung buat sekalian beli yang kayak begini:


Ato, ada yang mau ngado saya? Please, don't be hesitate. Ntar aku kasi alamat kirimnya. Buahahahaha.

Kiss & hug from baby Al :*