Saturday, July 30, 2011

16 minggu, dan...

tampak perut yang genduuuttt...

can you find me??
the-one-with-big-fat-stomach-though-it's-only-16weeks-pregnancy??

Kata bapaknya: "dedeknya mau ikutan di poto jadi ikutan maju bun"

Ealah naakk.. diantara puluhan bakat bundamu, kok ya narsis potonya yg diikutin?? kekekekekekk..

Friday, July 15, 2011

my baby vs MSG

hasilnya? perang dingiiinnn... sungguh deh anakku ini sehat dan higienis. Beda sama ibunya yang suka ga nahan sama MSG, alias nagih.

Kasus 1:
Belanja bulanan sama keyong. Duh, ada chiki balls. Yang rasa kaldu ayam kan terenak sedunia yaa. Beli satu gapapa kali yaa? Palingan ngambil sebiji dua biji kan, sisanya buat keyong.
Faktanya, sebungkus habis olehku saja. Hasilnya, munmun heibaattt setibanya di rumah.

Kasus 2:
Baru semalem nii. Ngupas mangga, minum susu. Masi laper euy, liat di kulkas ada snack khas PRJ (tau dong yaa, chiki-chiki segebok itu) belum abis. Padahal ga niat beli tu snack loh. Dikasi aja sama adek ipar, maksudnya buat keyong tapi kok yaa yang nyemilin malah si estri.
Habis lah sebungkus chitato. Enyaaakkkk gila.
Beberapa menit langsung mual. Hadeuuhh. Ditahan-tahan, sayang mangga ama susunya. Tapi memang ga bisa dilawan sih. Keluar semuanya. Huhuhuhu.. Mangga dan susuku.. Makanan bergiziku...


Jadi kesimpulannya, my baby hates MSG.
Bagus nak. Jangan niru ibumu :)

Berdasarkan hasil riset saya (tsaahh..), pengaruh MSG pada kehamilan adalah sbb:

Seperti dikutip dari Babycenter, Senin (21/12/2009) penelitian menunjukkan MSG dalam jumlah kecil tidak bisa menembus plasenta, sehingga tidak mempengaruhi perkembangan anak yang dikandungnya. Karenanya ibu hamil boleh-boleh saja mengonsumsi MSG dalam makanan asalkan kadarnya tidak berlebihan.

Badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat (FDA) telah melakukan pengujian terhadap MSG selama bertahun-tahun hingga akhirnya dikategorikan sebagai bahan yang aman.

Namun, FDA tetap memberikan peringatan bagi siapapun agar memperhatikan kandungan MSG dari tiap makanan yang dikonsumsi tanpa memperhatikan apakah orang tersebut hamil atau tidak.

Karena pada beberapa orang yang sangat sensitif terhadap bahan penyedap bisa memicu timbulnya sakit kepala, mual, muntah, pusing hingga gangguan tidur. Jika seseorang sudah mengetahui bahwa dirinya sangat sensitif terhadap MSG sebelum hamil, sebaiknya menghindari bahan tersebut selama kehamilan.


from here


So, nambah lagi yaa larangan makannya *tarik napas, tahan, hembus keras-keras

Gapapa nak, ku rela lakukan apapun untukmu *kisskiss

Sunday, July 10, 2011

13week++

heloo.. maaf ya, si jeng sedang ga ada cerita lain selain soal kehamilan.. ehehehe..

Sabtu kemarin, kontrol lagi ke KMC, still with my cool, calm, confident obgyn. Eh, tapi berasa pak dokter lebih murah senyum dehh sekarang, tapi cool-nya sih teteupp.

Ngobrol bentar.. wes ewes ewes.. langsung di USG. Btw, udah naik setengah kilo dong akuuu *bangga. Karena berat badan aing kan mefet banget sama berat badan minimal hamil (40 kilo), jadi ya naik setengah kilo aja berasa aman banget. Menurut my cool, calm, confident obgyn, rata-rata kenaikan BB bumil adalah sbb:

Trimester 1: biasanya belum ada kenaikan yang signifikan. Kadang malah ada yg turun
Trimester 2: kenaikan BB 1,5kilo per bulan
Trimester 3: kenaikan BB 0,5kilo... per minggu! ehehehe

Normalnya sih kenaikan BB total 12-16 kilo selama kehamilan. Padahal bayinya doang 3kilo yaa.. sisanya masuk ke emaknya ya dok?

Back to my baby, panjangnya udah sekitar 7,1cm. Trus pas di USG, kakinya lagi nendang-nendang heboohhh.. Miriiiipp gaya ibunya kalo lagi rewel. Trus dia ngangkang aja gitu.. jadi sedikit ada bocoran soal jenis kelaminnya :) Tapi buat mastiin, musti tunggu bulan depan ya nak..

So far, semuanya normal, insyaAllah. Sehat-sehat terus ya babyyy :*

Kemarin nanya juga ke my cool, calm, confident obgyn boleh ga makan kepiting? (teteup yaah pertanyaannya nyangkut makaaann mulu -_-). Dan jawabannya boleeehh, asal ga sering2 aja takut ada kandungan merkurinya itu loh. Oke dok, noted.

Trus nanya lagi dong aku. (Apakah soal makanan lagi? Yap! Yooouuuu're right!!)
Boleh ga dok makan pedes? Soalnya belakangan ini sukaaaa banget makan pedes. Apalagi kalo berkuah-kuah macem bakso ato soto bening dipedesin... Ga nahan dah.
Trus dijawab, ga boleh sering2 katanya.. Patah hati deh langsung.

Gugel-gugel, ternyata alasannya adalah:

Makanan yang “berat”, kaya bumbu dan pedas lebih baik dihindari ibu hamil karena justru akan mengaktifkan kerja usus jadi berlebihan hingga menimbulkan penyakit lain seperti diare. Selain berpeluang menginduksi rahim yang akan memperparah ancaman keguguran.


taken from here


DEG!! Barusan makan bakso pake rawit. Tadi pagi bikin sambel bawang pedes abis, dimakan pake tempe goreng anget, ampe nambah sambelnya. Huhuhuhuhuhu.. maafin ya nak.. Tadi udah dijitak sama bapakmu kok.

Soo, bumil wherever you are, ga semua napsu makanan musti diturutin yaa.. Paling enggak musti tau batasan diri aja, jangan sampe berlebihan *bak udah ngelakuin

See u soon! :)

Sunday, July 3, 2011

do's & dont's in pregnancy

*courtessy of dr. Ridwan, SpOG*

Helooo.. i'm entering 13weeks now :) perut sudah gudut, meskipun sebelum hamil pun emang ni perut udah gudut. Terhitung sebelum resmi hamil, sudah 3 orang nyangka aku hamil karena ngeliat si perut gudut.. *malu

Aniweei, ini adalah sedikit ilmu yang diberikan my cool, calm, confident obgyn saat kontrol kandungan pertama. Apa yang harus dilakukan dan harus dihindari oleh para bumil.

Do's
1. Perhatikan asupan nutrisi. Caranya ya dengan makan makanan yang sehat. Dianjurkan sih sebenarnya makanan rumahan, yang bisa terjaga kebersihan dan kualitasnya. Tapi apa daya dok, semangat masak saya lagi cuti entah sampe kapan..

2. Makan buah paling enggak 2x sehari. Buah apa saja boleh, selain durian, nangka, dan nanas. Tapi inget yaa..sebelum dimakan harus dicuci sampe bener2 bersih karena dikhawatirkan ada virus (ato bakteri??) Tokso. Mangkanya paling enak ya makan buah yang ga usah dicuci, semisal pisang, jeruk, salak, kiwi, mangga, dsb dsb.

3. Perbanyak sayur. Setauku sih sayur apa aja bagus ya. Yang gampang didapat ya sawi, bayam, kangkung. Brokoli kabarnya juga sangat bagus buat bumil. Once again, harus dicuci dulu sebelum dimasak ya. Dan yakinkan bahwa sayur sudah benar2 matang saat dimakan. Bubye lalapan mentah!

4. Asupan kalsium. Means, susu at least 2x sehari. Ga perlu susu khusus bumil kok. Karena menurut my cool, calm, confident obgyn, susu khusus bumil sama aja khasiatnya. Beda harga doang, kekekekekk.. Yang pasti susu yang udah di sterilisasi yaa.. bukan yang langsung minum dari nyonya sapi :)) Buat yang ga doyan susu pas hamil gimana? Kalo aku sih minum aja CDR, karena fungsinya sama sbg asupan kalsium juga. Seger dan krenyes2, no mual anymore. Ini juga atas persetujuan my cool, calm, confident obgyn yaa.

5. Asupan DHA, melalui ikan tuna atau ikan salmon (matang tentunya). 1x seminggu cukup kok. Buat yang nyium bau ikan aja udah mabok gimana dong? Minum suplemen DHA juga bisa, seperti dirikyuu :) Alhamdulillah belakangan dedeknya udah pinter mau makan ikan.

6. Asupan asam folat. Ini buat pembentukan tabung syaraf janin ya. Dapetnya dari suplemen juga, praktis tinggal telen. Tapi dosisnya jangan kebanyakan yaa.. 400mikrogram cukup. Kecuali jika ada histori keguguran atau kelainan pada janin *naudzubillah* baru dosisnya ditambah.


Dont's
1. Minum/make obat tanpa resep dokter. Termasuk hati-hati juga ya kalo pake make up atau produk perawatan kulit, harus yakin bener bahannya aman buat kandungan. Coba deh intip thread ini untuk info bahan2 apa aja yang ga baik buat kandungan.

2. Infeksi. Infeksi cacar air dan tokso. Tokso ini bisa berasal dari daging yang dimasak kurang matang, sayur dan buah yang tidak dicuci bersih, dan alat masak bekas daging yang tidak dicuci bersih. Amannya sih, setiap mau makan harus dicuci bersih semua dan harus mateng. Hindari semua makanan yang mengandung telur atau daging setengah mateng apalagi mentah. Termasuk mayonnaise ya, karena mengandung telur mentah. Sate juga dilarang karena berpotensi ga mateng (ga dimasak di suhu 100derajat)

3. Rokok, alkohol, dan kopi. Udeh jelas lah ya, yang gak hamil aja ga boleh. Termasuk jadi perokok pasif juga musti dihindari *melotot sama keyong

4. Berendam di air panas atau sauna. Kalau mandi air panas di pancuran masih boleh sih. Cuman buat amannya sih aku mendingan ga usah.

5. Stres! Inget dong cerita flek aku, mostly kejadian kemarin adalah gara-gara stres. Kerjaan kantor, udahlah ga usah dipikirin.. Negara makin kacau, ga usah di peduliin as long as ur baby happy and health. Yah, kira-kira perumpamaannya seperti itu :)

Buat yang lagi preparing dan berencana hamil, hil-hil di atas juga udah bisa dilakukan loohh.. Jadi pas kejadian beneran, kondisi badan udah siap dan sehat menerima si baby :)

Friday, July 1, 2011

birthday for ayah

Siapa tu? Bapakku kah? Bapak mertua kah?

Bukaaannnn.. itu panggilan buat keyong :) karena udah merid yaa panggilannya "hormat" dikit lah yaa.. ngihihihihihihih..

Alkisah, 25 Juni kemarin, tepat 25 tahun keyong telah menjalani kehidupannya di dunia. Bedanya, di ulang taun kali ini, sudah ada istri cantek yang menemani tiup lilin (cuiihhhh :p)

Cerita dimulei di pukul 02.30 WIB alias dini hari pagi buta, sang suami baru pulang ke rumah (iyeee.. pagi buta banget yee.. ceritanya abis bussiness meeting gitu lah dia.. ehehehe). Disambut dengan ruang tamu yang gelap gulita dan kue ulang taun yang di geletakin di meja. Mustinya ada efek dramatis pake lilin, tapi kok yaaa tu lilin mati aja gitu pas keyong nya buka pintu -_- sungguh tak kooperatif kau lilin..

Tapi keyong terharu loh katanya, meskipun ga dapet kado apa-apa :D






Semoga selalu sehat dan umurnya barokah ya ayah.. Dimudahkan rejekinya.. Jadi ayah yang baik buat dedek dan jadi suami yang baik buat bunbun :* :* :*


Pagi harinya, dilanjutkan dengan sang suami dan sang istri ngelembur di kantor masing-masing.. Bubye romantic birthday dinner!!