Sunday, November 27, 2011

Siraman - Midodareni: 19 Februari 2011

Yeaahh.. inilah hari pertama dari rangkaian prosesi pernikahan agung! *nyengir*

Sebenernya didahului dengan pengajian sih, tapi pengajiannya beda sama yang kayak di Jakarte ciyn. Jadi kalo di sana, yang pengajian itu bapak-bapak semua dan sang penganten muncul pun tidak. Karena tidak adanya penampakan sang penganten di sesi ini, maka tak perlu lah diabadikan melalui vendor foto, hiahahahahah sungguh litjik yah diriku ini.

Jadi marii kita mulai dengan cerita siraman ya! Kostum siramannya full warna hejo. Ini daku bener-bener pasrah sama dukun mantennya, jadi baru tau ya pas didandanin kalo warnanya bakal hejo.

Sebelum mulai siraman minta doa restu dulu sama mamih dan papih:
"mamih.. nyiramnya jangan kenceng-kenceng yaa"

Dilanjutkan dengan sang temanten duduk di singgasana pemandian *yang pas di atas kolam ikan, cuman dialasin kayu, sakseis bikin deg-degan karena takut kecemplung* dan bergiliranlah tujuh orang ibu-ibu mandiin sang temanten hejo:

Syaratnya ibu-ibu yang boleh nyiram itu harus udah pernah ngawinin anaknya, jadi kalo anaknya masih p*rawan atau p*rjaka ting-ting ga boleh yaa. Dan air siramannya seingetku juga air biasa aja, gak pake air dari 7 sumber mata air tertentu.

Abis ketujuh ibu mandiin, giliran mamih papih deh sekarang *eits aseli lupa, mamih papih di urutan pertama apa terakhir ya mandiinnya??*. Trus abis mandiin, sang temanten wudhu pake air kendi, then kendinya dipecahin sama papih, daannn dapatlah aku ketjup sayang ini:

"alhamdulillah.. si genduk bau wangi ya pih.."
Abis kecup-kecupan, sang temanten digiring buat ganti baju. Mamih papih ngapain? Jualan dawet! daku sukaaa banget deh adat yang satu ini, seru!
"ayo pak dibeli pak.. buat modal bayar tenda ini pak.."

Dan papihku nampak semangat banget itung-itung fulus hasil dawet:
"wah lumayan ki bu'e, bisa buat bayar katering jugah.."

Duitnya macem dari tanah liat, lucu ya. Pingin ngutil satu tapi mengingat di sini sebagai aktor utama pertunjukan, inget musti jaga imej. Lanjut dengan acara-yang-ga-tau-namanya-apaan, dimana sang temanten disuapin nasi lengkap sama lauk pauknya. Disini juga ga inget samsek deh maknanya apa ni ritual :D
"nduk, ngerti sih laper, tapi mbok jangan gede-gede buka mulutnya"
Dan karena cuman dapet satu suap, sang temanten pun ga kekurangan akal untuk sabotase satu piring full porsi besar!

"syapa bilang jadi manten itu stres, akuh enggak tuuh.. hihihihi"
 Dilanjutkan malam harinya dengan acara midodareni. Ini penting - sangat penting. Ga boleh dilewatkan acara yang satu ini. Kenapa? Karena di sinilah seserahan buat sang temanten diserahkan! Huahaahahahah *tawa membahana*. Mana manaaa hasil rampokan seserahan punyakuuuhh.. Come to mama darlings.. hihihihihi

Acaranya mulai selepas Isya. Berdatanganlah iring-iringan keyong sekeluarga yang sungguh tak sabar ingin memperistri diriku. Keyong tumben eh klimis dan perlente pake jas begini:
"kalo dicukur jadi tampak cupu kamu keyoongg.. aku dikira kawin sama brondong"
Dan sang temanten wanita disembunyiin dong di dalam rumah, ga boleh keliatan sama keyong. Ntar kalo keliatan, trus terpesona, trus keyong maksa dinikahin saat itu juga repot kann?? Yang boleh ketemu eike hanya para wanitanya saja.
"sumringah nunggu seserahan :p"
Daaannn.. yang dinanti-nanti akhirnya datang juga ke pelukan:

Sampei jumpa besok pagi di akad nikah ya keyong! Makasih loo hantarannya!

10 comments:

  1. kamu pake acara siraman sama nidodareni jg ya ning
    waktu lagi nidodareni km kebelet gmn ning kan make kain kebaya ya hehehe :P

    ReplyDelete
  2. hehehheee... lucu baca caption nya

    mas soh dikira kawin sama brondong, kan bride nya juga mungil dan imut? hehehee

    ReplyDelete
  3. hahahaa..komentar ku sama percis sama mbak elsa, koq bisa sehati yah..hehehee..

    kn kalian sama2 brondon, hihihihi :D

    ReplyDelete
  4. kalau saat itu langsung dituliskan, mesti beda deh tulisannya krn sekarang dah merid ^_^
    tapi selalu seru baca tulisan bumil yg atu ini.

    moga sehat selalu ya Bun :)

    ReplyDelete
  5. ribet seh, tapi mengasyikkan. jadi inget ibas pas nikah. pake acara siram2an gini.

    ReplyDelete
  6. ria, ahahhahahaha.. kan sebelum dipakein kain udah disuruh pip dulu buuu... :DDD

    mba elsa & devi, aahhh kelian janjian yaa komennya :D iyah tapi keyong kalo cukuran jadi kayak anak SMA >.<

    mba narti, aiih jadi malyu :'p makasi mbaaa

    rusydi, iya indahnya ada jawa, ribet dikit tapi seru :)

    ReplyDelete
  7. Aku paling sukaaa foto kedua n ketiga...

    Ketika si kecil siap melangkah pergi temanya,heheheh...

    Cantikkk smuaa...iyaiya bener tuh,masnya kayak anak sma cupucupu gimana gitu :D

    ReplyDelete
  8. hahaaa, iyah ih kaya brondong yah :p
    kocaaak, pengantennya cewenya urakannnnn :P, ayu tenaaaann, cakep puol

    ReplyDelete
  9. putri, hiahahaha iyaahhh kalo dia brewokan dikit ga cupu2 amat benernyaa..

    uci, mana manaa yang urakan?? lemah lembyut bginiii.. hihihihi.. makasi sayang *cups*

    indi, for sure! :)

    ReplyDelete