Saturday, August 13, 2011

18 days to go!

Warning!! Mohon melapangkan dada seluas-luasnya sebelum membaca dan menyerapi isi tulisan ini, terutama kalo bacanya pas tengah hari bolong atau menjelang berbuka puasa. Makanan semua isinya darliinngg.. heheheheh.. Belum lagi kalo ditambah cara penggambaranku yang agak2 lebay *privilege bumil, boleh dong yaakk! *kedipkedipmata

Terhitung hari ini, adalah tepat 18 hari sebelum aku mudik ke Blitar. Yihuuuiii. Yeaahh.

Kenapa kangen banget pulang ke Blitar? Apakah karena disana bisa merasakan suapan ibuku yang tiada dua rasanya? Oh pastinya. Ato apakah kangen sama makanan yang ada di sana?? Seratuuussss!!! Plus lima jempol! Berapa hari ini merem melek ngebayangin makanan-makanan ini:

1. Nasi ampok. Top of my list. Bener deh temen kantorku udah pada eneg dengan pertanyaan "Tau nasi ampok ga? Aku lagi kepengeeenn banget makan nasi ampok!". Tapi akupun ga bosen dengan jawaban mereka yang sama plek "Makanan apaan tuh?!". Bueh, rugi berat ente kalo belum pernah makan nasi ampok.

Tadaaaa!!


gambar dari sini

Yap, nasi ampok itu adalah nasi jagung sodarah. Beneran full jagung, ndak pake campuran beras. Makannya pake urap sayur atau lodeh, plus ikan asin goreng. Oh my.. Bener dah kruyukan perut pas nulis ini. Ikan asinnya tuh tipe yang rada tebel trus ada lapisan tepungnya dikit. Pass bener deh dimakan ama nasi ampoknya. Oiya, jangan lupa sayur lodehnya musti yang pedes! *cegluk

2. Cilot. Kalo yang banyak dikenal orang, mungkin cilot yang pake bubuk cabe yah. Tapi kalo di Blitar, cilot terenak adalah yang pake saus cokelat *gak yakin tuh cokelatnya kecap apa kacang apa pewarna soklat *gak peduli juga yang penting enak*
Cuman ga nemu nih yang gambar cilot coklat. Adanya yang polos, kalau ini biasanya makannya pake sambel botolan *yang ga jelas juntrungan bahannya apa *tapi sekali lagi ga mau mikirin, lha wong enak*

gambar dari sini


Cilot terenak adalah yang suka nongkrong di depan SMA ku dulu. Jajanan gaul ala SMA, kekekekekekk. Saking enaknya dulu ampe kita tongkrongin di rumah yang jual. Favorit bumil yang tahu gorengnya dong, tahu goreng diisi kanji dikit, dilapis saus cokelat, dicocol sama sambel botolan. Laper mak.

3. Es pleret. Sungguh pass buat berbuka puasa *ngeheheheh

gambar dari sini


Ini kayaknya ga cuman di Blitar aja yah. Tapi tetep aja ga nemu di jakarta (kalo ada yang tau, plis inform me!). Yang enak di Blitar yang di Jalan Lawu, yang jual embah-embah tua gitu, jualannya nyempil di ujung gang. Tapi pleret nya gurih, ga keras kayak kebanyakan penjual yang lain. Trus pas pleretnya digigit, nyess... Muncrat lah itu air santan gula yang di dalemnya.. Haahhhh... Pengeeennnn...


Sebenernya masih banyak yang pengen diceritain di sini, tapi berhubung aku sadar diri dan kondisi *tsaahh, besok kapan-kapan disambung lagi ya. Yang pasti aku udah mesen2 ke ibuku buat maksain mastiin ke tukang nasi ampok, bahwa hari Lebaran musti kudu tetep jualan!! Haghaghagg... Hidup nasi ampok!!

9 comments:

  1. Es pleret ada tuh di Depot Cendol...Enyak juga c klo menurutku, yang jelas mengobati kangen ma masakan Jawa. hehehe...

    ReplyDelete
  2. Oiya Depot Cendol adana di kawasan Megaria, ada yg lain jg c, cma ga reti di mana

    ReplyDelete
  3. huehehehe... jadi pingin buru buru buka.. parah da ahh :( :p

    ReplyDelete
  4. smoga bisa kesampean deh apa yg dipengen ama bumil. hehehe

    ReplyDelete
  5. Nenny, bioskop megaria?? Makasi sayaaaangg! *bighug

    Merliza, ini bentar lg bukaaa.. Ehehhehehe


    Nurlailazahra, trimikisiiii ;D

    ReplyDelete
  6. Untung aku lagi gak puasa...
    Wah,,,kamu mau mudik ya...senangnya...
    Tahun ini aku gak mudik lagi...

    ReplyDelete
  7. lah koq sampai nyuruh tukang nasi ampok hari lebaran tetep jualan? kapan silaturahminya?
    jualannya diundur lebaran hari ketiga deh ^_^

    ReplyDelete
  8. riestaaa, sun buat baby rafa :* :* :* iya lah jangan mudik dulu, kesian baby rafa jalan jauh2 :)

    mba narti, hehehehe iya mbak, pulang ke blitarnya juga hari raya kedua :DDD

    ReplyDelete
  9. wah jadi kepengen nasi ampok, :ngeces:

    ReplyDelete