Friday, July 15, 2011

my baby vs MSG

hasilnya? perang dingiiinnn... sungguh deh anakku ini sehat dan higienis. Beda sama ibunya yang suka ga nahan sama MSG, alias nagih.

Kasus 1:
Belanja bulanan sama keyong. Duh, ada chiki balls. Yang rasa kaldu ayam kan terenak sedunia yaa. Beli satu gapapa kali yaa? Palingan ngambil sebiji dua biji kan, sisanya buat keyong.
Faktanya, sebungkus habis olehku saja. Hasilnya, munmun heibaattt setibanya di rumah.

Kasus 2:
Baru semalem nii. Ngupas mangga, minum susu. Masi laper euy, liat di kulkas ada snack khas PRJ (tau dong yaa, chiki-chiki segebok itu) belum abis. Padahal ga niat beli tu snack loh. Dikasi aja sama adek ipar, maksudnya buat keyong tapi kok yaa yang nyemilin malah si estri.
Habis lah sebungkus chitato. Enyaaakkkk gila.
Beberapa menit langsung mual. Hadeuuhh. Ditahan-tahan, sayang mangga ama susunya. Tapi memang ga bisa dilawan sih. Keluar semuanya. Huhuhuhu.. Mangga dan susuku.. Makanan bergiziku...


Jadi kesimpulannya, my baby hates MSG.
Bagus nak. Jangan niru ibumu :)

Berdasarkan hasil riset saya (tsaahh..), pengaruh MSG pada kehamilan adalah sbb:

Seperti dikutip dari Babycenter, Senin (21/12/2009) penelitian menunjukkan MSG dalam jumlah kecil tidak bisa menembus plasenta, sehingga tidak mempengaruhi perkembangan anak yang dikandungnya. Karenanya ibu hamil boleh-boleh saja mengonsumsi MSG dalam makanan asalkan kadarnya tidak berlebihan.

Badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat (FDA) telah melakukan pengujian terhadap MSG selama bertahun-tahun hingga akhirnya dikategorikan sebagai bahan yang aman.

Namun, FDA tetap memberikan peringatan bagi siapapun agar memperhatikan kandungan MSG dari tiap makanan yang dikonsumsi tanpa memperhatikan apakah orang tersebut hamil atau tidak.

Karena pada beberapa orang yang sangat sensitif terhadap bahan penyedap bisa memicu timbulnya sakit kepala, mual, muntah, pusing hingga gangguan tidur. Jika seseorang sudah mengetahui bahwa dirinya sangat sensitif terhadap MSG sebelum hamil, sebaiknya menghindari bahan tersebut selama kehamilan.


from here


So, nambah lagi yaa larangan makannya *tarik napas, tahan, hembus keras-keras

Gapapa nak, ku rela lakukan apapun untukmu *kisskiss

14 comments:

  1. aduh bun...
    eh, tapi namanya godaan, snack ada di depan mata, tentu berbeda jika snack tersebut memang tidak ada di rumah, tentu lebih mudah mengendalikannya.

    sabar bun sampai kelahiran nanti. :)

    ReplyDelete
  2. betul mbak,setauku dan menurut pengalaman pribadiku aku juga mual kalo makan makanan ringan jaman hamil dulu,kalo mbak ngerasa mual coba tiduran sebentar trus sedia kulit jeruk-bau2an jeruk insyaallah mual bisa hilang,sip!!

    ReplyDelete
  3. stop MSG darl.. hehehe. klo bisa buat seterusnya. Gak enak emang ya, karena gak ada rasa umami *duh kayak iklan*.

    Semangat ya bu, untuk dirimu dan si buah hati. ^^

    ReplyDelete
  4. Dedeknya pinter ihhh...yg kira2 ptoensial buat ngerusak kesehatan cepet2 dikeluarin :)

    Semoga bundanya gpp ya dengan keputusan ini (masukin MSG dalam list don't in pregnancy)

    Sehat terus ya bunda n dedek^^

    ReplyDelete
  5. aku aja alergi mbak ama MSG, bisa gatel gatel,,

    semoga bunda n dedeknya sehat terus yah... :)

    ReplyDelete
  6. bagussss... jangan keseringan ber MSG ria deh hihihi setuju sm mogoknya dedek baby :D
    *g jadi ikutan ngadopsi? :)

    ReplyDelete
  7. hayuu bunda jangan nakal makan MSG dedenya aja pinter gak suka MSG hehehe :P tahan yo tahan

    ReplyDelete
  8. mba narti, iya mbak godaan chiki balls bener2 ga tertahankannn :)) makasi ya mbak..

    mba mia, wahh bau2an jeruk kayaknya mantep banget nih. siapp dicoba! makasi banyak infonyaaa :)

    rere, hihihihihi.. rasa umami.. emang nagih banget ya rasanya, tapi harus di tahan buat kepentingan si buah hati (duilah bahasanye :p)

    putri, iya nih, bundanya malah diajarin ama dedeknya yaa :)

    ReplyDelete
  9. ndezz, oh iya? temenku juga ada yg kayak gtu, jadi makannya musti bener2 di jaga.

    mba aishi, pengennya jadi mbaakk.. belum sempet nulis tapi, hehehehe

    ria, iyaahh bundanya gimana ini bandel, dedeknya aja pinter yaa :)

    ReplyDelete
  10. semuga sehat selalu ya,, salam kenal.. :)

    walopun sangat susah menghindari MSG d jaman sekarang,, tp niat mulia bunda* (boleh g dipanggil bunda??) semuga bisa berjalan lancar.. ^^

    ReplyDelete
  11. tahan sampe lahiran bumil :D ayo smangat

    ReplyDelete
  12. Hahahaha,,,aku kalo di kantor suka ngambilin chiki2 punya temen kantor,,,alhasil malemnya langsung batuk2 deh...

    ReplyDelete
  13. berarti adek kecilnya pinter, hehe salam kenal mbak :D

    ReplyDelete
  14. hehehe ibu hamil emang harus gitu ya
    serba jaga makanan, demi si adek bayi

    hebat deh
    semoga tetep bisa kuat menahan nafsu makan makanan gak bener gitu sampe melahirkan nanti hehee

    tapi setelah melahirkan, harus menyusui
    sama juga lhooo

    ReplyDelete