Sunday, July 3, 2011

do's & dont's in pregnancy

*courtessy of dr. Ridwan, SpOG*

Helooo.. i'm entering 13weeks now :) perut sudah gudut, meskipun sebelum hamil pun emang ni perut udah gudut. Terhitung sebelum resmi hamil, sudah 3 orang nyangka aku hamil karena ngeliat si perut gudut.. *malu

Aniweei, ini adalah sedikit ilmu yang diberikan my cool, calm, confident obgyn saat kontrol kandungan pertama. Apa yang harus dilakukan dan harus dihindari oleh para bumil.

Do's
1. Perhatikan asupan nutrisi. Caranya ya dengan makan makanan yang sehat. Dianjurkan sih sebenarnya makanan rumahan, yang bisa terjaga kebersihan dan kualitasnya. Tapi apa daya dok, semangat masak saya lagi cuti entah sampe kapan..

2. Makan buah paling enggak 2x sehari. Buah apa saja boleh, selain durian, nangka, dan nanas. Tapi inget yaa..sebelum dimakan harus dicuci sampe bener2 bersih karena dikhawatirkan ada virus (ato bakteri??) Tokso. Mangkanya paling enak ya makan buah yang ga usah dicuci, semisal pisang, jeruk, salak, kiwi, mangga, dsb dsb.

3. Perbanyak sayur. Setauku sih sayur apa aja bagus ya. Yang gampang didapat ya sawi, bayam, kangkung. Brokoli kabarnya juga sangat bagus buat bumil. Once again, harus dicuci dulu sebelum dimasak ya. Dan yakinkan bahwa sayur sudah benar2 matang saat dimakan. Bubye lalapan mentah!

4. Asupan kalsium. Means, susu at least 2x sehari. Ga perlu susu khusus bumil kok. Karena menurut my cool, calm, confident obgyn, susu khusus bumil sama aja khasiatnya. Beda harga doang, kekekekekk.. Yang pasti susu yang udah di sterilisasi yaa.. bukan yang langsung minum dari nyonya sapi :)) Buat yang ga doyan susu pas hamil gimana? Kalo aku sih minum aja CDR, karena fungsinya sama sbg asupan kalsium juga. Seger dan krenyes2, no mual anymore. Ini juga atas persetujuan my cool, calm, confident obgyn yaa.

5. Asupan DHA, melalui ikan tuna atau ikan salmon (matang tentunya). 1x seminggu cukup kok. Buat yang nyium bau ikan aja udah mabok gimana dong? Minum suplemen DHA juga bisa, seperti dirikyuu :) Alhamdulillah belakangan dedeknya udah pinter mau makan ikan.

6. Asupan asam folat. Ini buat pembentukan tabung syaraf janin ya. Dapetnya dari suplemen juga, praktis tinggal telen. Tapi dosisnya jangan kebanyakan yaa.. 400mikrogram cukup. Kecuali jika ada histori keguguran atau kelainan pada janin *naudzubillah* baru dosisnya ditambah.


Dont's
1. Minum/make obat tanpa resep dokter. Termasuk hati-hati juga ya kalo pake make up atau produk perawatan kulit, harus yakin bener bahannya aman buat kandungan. Coba deh intip thread ini untuk info bahan2 apa aja yang ga baik buat kandungan.

2. Infeksi. Infeksi cacar air dan tokso. Tokso ini bisa berasal dari daging yang dimasak kurang matang, sayur dan buah yang tidak dicuci bersih, dan alat masak bekas daging yang tidak dicuci bersih. Amannya sih, setiap mau makan harus dicuci bersih semua dan harus mateng. Hindari semua makanan yang mengandung telur atau daging setengah mateng apalagi mentah. Termasuk mayonnaise ya, karena mengandung telur mentah. Sate juga dilarang karena berpotensi ga mateng (ga dimasak di suhu 100derajat)

3. Rokok, alkohol, dan kopi. Udeh jelas lah ya, yang gak hamil aja ga boleh. Termasuk jadi perokok pasif juga musti dihindari *melotot sama keyong

4. Berendam di air panas atau sauna. Kalau mandi air panas di pancuran masih boleh sih. Cuman buat amannya sih aku mendingan ga usah.

5. Stres! Inget dong cerita flek aku, mostly kejadian kemarin adalah gara-gara stres. Kerjaan kantor, udahlah ga usah dipikirin.. Negara makin kacau, ga usah di peduliin as long as ur baby happy and health. Yah, kira-kira perumpamaannya seperti itu :)

Buat yang lagi preparing dan berencana hamil, hil-hil di atas juga udah bisa dilakukan loohh.. Jadi pas kejadian beneran, kondisi badan udah siap dan sehat menerima si baby :)

10 comments:

  1. ninggg,, i'm 8weeks pregnant now.. Alhamdulillah.. alhamdulillah udah jadi bumil yaaa.. klo aku pengen bgt bgt sbnrnya kontrol ke KMC tp jauh ning dr rumah.. hikhik.. akhirnya aku kontrol ke rsia bunda yg di menteng ajuah..

    sehat2 trs ya ning.. :)

    ReplyDelete
  2. semoga sehat selalu bunda n baby nya ya mba...amin3x...

    ReplyDelete
  3. karna aku blum nikah, ak ngikutin yg minum susu aja deh nambah kalsium hehehe :p

    ReplyDelete
  4. buat gue diet untuk yang lain ok, tapi klo mayonaise syusah.. soale lagi demen risol mayonaise yg dalemnya daging asap plus keju. hihihi curcol bgt d, hamil aja blom.

    terima kasih tips n triknya say, akan kucoba.. doakan ak menyusul dirimu ya... ^^

    ReplyDelete
  5. Wah nanti kalo udah nikah dan hamil insyaallah diikutin sarannya.. :)

    btw, ada award buat kamu, kalo berkenan cek blogku yaa..

    http://sarisariiii.blogspot.com/2011/07/my-second-award.html

    makasih :)

    ReplyDelete
  6. guna banget nih ning :D makasih lhoo, nanti smoga bs saya praktikan :)) *nikah aj blm..

    ReplyDelete
  7. ochieeee... kangeen deh!! blog kamu ga bisa dibuka say, pdhl pingin banget liat foto2 kawinanmu :) selamat ya ochie, deketan ntar kita lahirannya yaa.. sehat2 jg buatmu sayang :)

    mba narti, amiiinnn.. makasi ya mba :)

    ria, buat preparation juga oke kok jeng, hhehehehehe

    ReplyDelete
  8. prasetyo, amiiinnn.. trimakasi banyaaakkk :)

    rere, iya sayangkuuuhh.. semoga cepet nyusul yaa :) beneran pas hamil mah harus banyak2 tahan makanan re, aku aja nahan indomie udah dari kapan tau :DDD

    sari, aw awww aku dapet award lagiih :) makasih ya sayang :)

    uci, kangenn deh lama tak jumpa dirimuu.. semoga dimudahkan jalan utk menikah ya uciii :)

    ReplyDelete
  9. mbak, makasih infonya :) aku belum nikah, belum hamil juga tapi suka baca blog beginian :)

    ReplyDelete